Rabu, 09 Februari 2011

RPP V BI S-II

BHS INDONESIA
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 33,34
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami penjelasan narasumber dan cerita rakyat secara lisan.
Kompetensi Dasar : Menanggapi penjelasan narasumber (petani, pedagang, nelayan, karyawan, dan
lain-lain) dengan memerhatikan santun berbahasa.
Indikator : Mampu
1. mencatat pokok-pokok isi penjelasan narasumber;
2. menyampaikan kembali penjelasan narasumber dengan kalimat sendiri;
3. menanggapi penjelasan narasumber disertai alasan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- mencatat pokok-pokok isi penjelasan narasumber;
- menyampaikan kembali penjelasan narasumber dengan kalimat sendiri;
- menanggapi penjelasan narasumber disertai alasan.
II. Materi Ajar
- Teks wawancara
III. Metode pembelajaran
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang pengalaman mendengarkan wawancara.
B. Kegiatan Inti
- Guru mendengarkan pembacaan wawancara yang dibacakan siswa (teks mendengarkan 5.1)
- Siswa menjawab pertanyaan tentang isi wawancara.
- Siswa menanggapi penjelasan narasumber pada wawancara.
- Siswa menjelaskan kembali isi wawancara.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.
- Siswa memerankan kegiatan wawancara.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Teks wawancara
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertulis

NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. Mencatat pokok-pokok isi penjelasan narasumber
a. mencatat semua pokok-pokok penjelasan (3)
b. mencatat sebagian besar pokok-pokok penjelasan (2)
c. mencatat sebagian kecil pokok-pokok penjelasan (1) 5
2 Mencatat pokok-pokok isi penjelasan narasumber
a. mencatat semua pokok-pokok penjelasan (3)
b. mencatat sebagian besar pokok-pokok penjelasan (2)

c. mencatat sebagian kecil pokok-pokok penjelasan (1) 5
3 Menanggapi penjelasan narasumber disertai alasan
a. logis
b. kurang logis
c. tidak logis


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………………. X 100
Skor maksimum




Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014





































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 35,36
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, pendapat, perasaan, fakta secara lisan dengan
menanggapi suatu persoalan, menceritakan hasil pengamatan, atau wawancara.
Kompetensi Dasar : Menanggapi suatu persoalan atau peristiwa dan memberikan saran pemecahannya
dengan memerhatikan pilihan kata dan santun berbahasa..
Indikator : Mampu
1. menyebutkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar;
2. menanggapi berbagai peristiwa tersebut dengan disertai saran dan alasan, menggunakan bahasa yang baik.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menyebutkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar;
- menanggapi berbagai peristiwa tersebut dengan disertai saran dan alasan, menggunakan bahasa
yang baik.
II. Materi Ajar
- Peristiwa pada gambar
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang persoalan yang dihadapi sehari-hari.
B. Kegiatan Inti
- Siswa mengidentifikasi masalah pada gambar.
- Siswa menanggapi masalah pada gambar.
- Siswa menanggapi masalah lain.
- Siswa mengidentifikasi masalah yang terjadi di sekitar.
- Sisw mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Contoh peristiwa.
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. Menyebutkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar
a. sesuai (3)
b. kurang sesuai (2)
c. tidak sesuai (1)
5
2 2. Menanggapi berbagai peristiwa tersebut dengan disertai saran dan alasan, menggunakan bahasa yang baik
a. bahasa baik (3)
c. bahasa kurang baik (2)
d. bahasa tidak baik (1) 5


NO. Aspek Penilaian Bobot Nilai
1. Menyebutkan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar

Keterangan
Skor maksimum 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = .. ……….. X 100
maksimum
Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014












































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 37,38
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca teks percakapan, membaca cepat 75
kata/menit, dan membaca puisi.
Kompetensi Dasar : Menemukan gagasan utama suatu teks yang dibaca dengan kecepatan 75 kata per
menit.
Indikator : Mampu
1. mencatat gagasan pokok teks yang dibaca;
2. menjawab pertanyaan tentang isi teks;
3. meningkatkan kecepatan membaca dengan kebiasaan membaca yang benar.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- mencatat gagasan pokok teks yang dibaca;
- menjawab pertanyaan tentang isi teks;
- meningkatkan kecepatan membaca dengan kebiasaan membaca yang benar.
II. Materi Ajar
- Teks bacaan
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang kegemaran membaca.
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan dan menyebutkan manfaat membaca cepat.
- Guru mengamati kegiatan membaca siswa.
- Siswa membaca teks dengan kecepatan tertentu.
- Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks.
- Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.
- Siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
VII. Sumber/Bahan/Alat
- Contoh peristiwa.
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VIII. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Mencatat gagasan pokok teks yang dibaca
a. mencatat gagasan pokok dengan tepat (3)
b. mencatat gagasan pokok kurang tepat (2)
c. mencatat gagasan pokok tidak tepat (1)
5
2 2. Menjawab pertanyaan tentang isi teks
a. menjawab dengan semua benar (3)
b. sebagian besar yang benar (2)
c. sebagian kecil yang benar (1)
5
3 3. Meningkatkan kecepatan membaca dengan kebiasaan membaca
yang benar
a. baik (3)
b. kurang baik (2)
c. tidak baik (1)

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………… X 100
Skor maksimum
Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014









































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 39,40
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan pengalaman secara tertulis
dalam bentuk karangan, surat undangan, dan dialog tertulis.
Kompetensi Dasar : Menulis dialog sederhana antara dua atau tiga tokoh dengan memerhatikan isi
serta perannya.
Indikator : Mampu
1. menulis pokok-pokok isi dialog;
2. menyusun dialog dengan memerhatikan isi serta perannya;
3. memahami kata tanya.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menulis pokok-pokok isi dialog;
- menyusun dialog dengan memerhatikan isi serta perannya.
II. Materi Ajar
- teks dialog
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang teknik atau cara menyusun percakapan.
B. Kegiatan Inti
- Guru menjelaskan dan menyebutkan manfaat membaca cepat.
- Guru mengamati kegiatan membaca siswa.
- Siswa membaca teks dengan kecepatan tertentu.
- Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks.
- Guru memberikan tugas untuk dikerjakan di rumah.
- Siswa mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Teks dialog
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menulis pokok-pokok isi dialog
a. menulis dengan tepat (3)
b. menulis kurang tepat (2)
c. menulis tidak tepat (1)
5
2 2. Menyusun dialog dengan memerhatikan isi serta perannya
a. baik (3)
b. kurang baik (2)
c. tidak baik (1)
5
3 3.Memahami kata tanya
a. mampu menggunakan (3)
d. kurang mampu menggunakan (2)
e. tidak mampu menggunakan (1)


Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………….. X 100
Skor maksimum
Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014











































Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
Indikator : Mampu
1. menyebutkan tokoh-tokoh dan sifatnya dalam cerita yang didengar;
2. menemukan latar cerita;
3. menemukan tema dan amanat cerita;
4. menanggapi isi cerita.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menjelaskan tokoh, tema, latar, dan amanat cerita;
- menanggapi isi cerita.
II. Materi Ajar
- Cerita
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
- Diskusi kelompok
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang manfaat mendengarkan cerita.
B. Kegiatan Inti
- Siswa mendengarkan cerita yang dibacakan oleh guru (teks mendengarkan 6.1)
- Siswa menyimpulkan tokoh dan wataknya disertai bukti penggalan cerita.
- Siswa mengidentifikasi latar cerita.
- Siswa menjelaskan amanat cerita.
- Siswa mendiskusikan tema cerita dengan teman sebangku.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Siswa memerankan adegan cerita.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Cerita
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menyebutkan tokoh-tokoh dan sifatnya dalam cerita yang
didengar
a. menyebutkan semua tokoh dan sifatnya dengan tepat (3)
b. kurang tepat (2)
c. tidak tepat (1)
5
2 2. Menyusun dialog dengan memerhatikan isi serta perannya
a. baik (3)
b. kurang baik (2)
c. tidak baik (1)
5
3 3. Menemukan tema dan amanat cerita
a. menemukan tema dan amanat dengan tepat (3)
b. kurang tepat (2)
c. tidak tepat (1)

4 4. Menanggapi isi cerita
a logis
b. kurang logis
c. tidak logis



. Aspek Penilaian Bobot Nilai
Keterangan
Skor maksimum 4 (3 X 5) = 60
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ………………. X 100
Skor maksimum

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014
































Rencana Pelaksaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 2,3
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dengan diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan
memerhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Indikator : Mampu
1. menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi dengan runtut;
2. menanggapi persoalan-persoalan faktual;
3. mendaftar persoalan-persoalan faktual yang terjadi di sekitar rumah;
4. memahami kalimat majemuk.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi dengan runtut;
- memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
II. Materi Ajar
- Cerita
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
- Diskusi kelompok
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang masalah faktual.
B. Kegiatan Inti
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang berbagai persoalan faktual yang terjadi di sekitar.
- Guru memberikan contoh persoalan faktual dan cara menanggapinya.
- Siswa mengidentifikasi persoalan dalam gambar.
- Siswa menanggapi persoalan pada gambar disertai alasan.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Mempelajari materi kebahasaan (kalimat majemuk).
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Persoalan faktual
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi dengan runtut
a. runtut (3)
b. kurang runtut (2)
c. tidak runtut (1)
5
2 2. Menanggapi persoalan-persoalan faktual
a. logis (3)
b. kurang logis (2)
c. tidak logis (1)
5
3 3. Mendaftar persoalan-persoalan faktual yang terjadi di sekitar
rumah
a. menyebutkan >5 persoalan (3)
b. menyebutkan 3-4 persoalan (2)
c. menyebutkan < 3 persoalan (1)
5
4 4. Memahami kalimat majemuk
a. memahami kalimat majemuk(3)
b. kurang memahami kalimat majemuk (2)
c. tidak memahami kalimat majemuk (1)
5

NO. Aspek Penilaian Bobot Nilai

5
Keterangan
Skor maksimum 4 (3 X 5) = 60
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = …………………. X 100
Skor maksimum


Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014





























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 4,5
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menemukan informasi secara cepat dari berbagi teks khusus (buku petunjuk
tepon, jadwal pelajaran, daftar susunan acara, dll.).
Indikator : Mampu
1. menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan;
2. menjelaskan jadwal dalam bentuk uraian.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menemukan secara cepat and tempat informasi yang diperlukan atau yang diminta oleh guru;
- menjelaskan jadwal dalam bentuk uraian.
II. Materi Ajar
- Jadwal penerbangan
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang pentingnya mengetahui jadwal.
B. Kegiatan Inti
- Siswa memerhatikan contoh jadwal penerbangan.
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang didektekan guru dan hanya diberi waktu 5 detik (teks
mendengarkan 6.3)
- Siswa membuat pertanyaan lain tentang jadwal penerbangan pesawat tersebut.
- Siswa menceritakan jadwal penerbangan tersebut kepada teman.
- Mengerjakan latihan sesuai dengan instruksi pada buku siswa.
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa sesuai petunjuk pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Jadwal penerbangan.
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan
a. berhasil (3)
b. kuranf berhasil (2)
c. tidak berhasil (1)
5
2 2. Menjelaskan jadwal dalam bentuk uraian
a. lengkap (3)
b. kurang lengakap (2)
c. tidak lengkap (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………… X 100
Skor maksimum


Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014














































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 6,7
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengunakan pikiran, perasan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam bentuk
ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
Indikator : Mampu
1. menetukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman;
2. menulis puisi berdasarkan gagasan pokok;
3. memahami isi puisi;
4. menceritakan kembali isi puisi dengan kalimat sendiri;
5. memberi tanggapan isi puisi.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman;
- menulis puisi berdasarkan gagasan pokok.
II. Materi Ajar
- Puisi
- Langkah-langkah menulis puisi
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang langkah-langkah menulis puisi.
B. Kegiatan Inti
- Siswa menjawab pertanyaan berdasarkan isi puisi.
- Siswa menceritakan kembali puisi dengan bahasa sendiri.
- Siswa bernyanyi bersama-sama.
- Mengerjakan latihan sesuai dengan instruksi pada buku siswa.
- Membuat kreasi berbentuk puisi.
- Mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru dan siswa membuat kesimpulan.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Puisi
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
- Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman
a. sesuai pengalaman (3)
b. kurang sesuai pengalaman (2)
c. tidak sesuai pengalaman (1) 5
2 2. Menulis puisi berdasarkan gagasan pokok
a. menulis >10 baris (3)
b. menulis 7-10 baris (2)
c. menulis < 7 baris (1)
5
3 3. Memahami isi puisi
a. menjawab betul semua pertanyaan tentang puisi (3)
b. sebagian besar yang betul (2)
c. sebagian kecil yang betul (1)
5
4 4. Menceritakan kembali isi puisi dengan kalimat sendiri
a sesuai isi puisi (3)
b kurang sesuai isi puisi (2)
c. tidak sesuai isi puisi (1)
5
5 5. Memberikan tanggapan terhadap puisi
a. logis (3)
b. kurang logis (2)
c. tidak logis (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 5 (3 X 5) = 75
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = …………….…. X 100
Skor maksimum

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014




























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 7,8
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
Kompetensi Dasar : Menangapi cerita tentang peristiwa yang terjadi di sekitar yang disampaikan
secara lisan.
Indikator : Mampu
1. mencatat pokok-pokok peristiawa yang disampaikan secara lisan;
2. menanggapi peristiwa tersebut dengan pertanyaan atau pernyataan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- mencatat pokok-pokok peristiwa yang disampaikan secara lisan;
- menanggapi peristiwa tersebut dengan pertanyaan atau pernyataan.
II. Materi Ajar
- Suatu peristiwa
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
- Pemodelan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang peristiwa yang berkaitan dengan tema.
B. Kegiatan Inti
- Mendengarkan cerita pengalaman yang dibacakan oleh guru (teks mendengarkan 7.1)
- Siswa mencatat isi pengalaman yang didengar.
- Siswa menanggapi cerita pengalaman yang didengar.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Peristiwa
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertuls
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Mencatat pokok-pokok peristiwa yang disampaikan secara lisan
a. lengkap (3)
b. kurang lengkap (2)
c. tidak lengkap (1)
5
2 2. Menangapi peristiwa tersebut dengan pertanyaan atau pernyataan
a. logis (3)
b. kurang logis (2)
c. tidak logis (1)
5




Keterangan
Skor maksimum 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = X 100
Skor maksimum

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014















































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 9
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
Indikator : Mampu
1. membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas;
2. memerankan drama pendek anak-anak dengan penghayatan dan ekspresi
yang sesuai dengan karakter tokoh;
3. memahami penggunaan tanda kurung.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas;
- memerankan drama pendek anak-anak dengan penghayatan dan ekspresi yang sesuai dengan
karakter tokoh.
II. Materi Ajar
- Teks drama
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
- Pemodelan
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang pementasan drama.
B. Kegiatan Inti
- Siswa membaca dalam hati teks drama dengan memerhatikan karakter setiap tokoh.
- Bertanya jawab tentang penggunaan tanda kurung kemudian siswa membubuhkan tanda kurung
pada teks drama.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Memerankan naskah drama.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Teks drama
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan ,tertulis dan unjuk kerja
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
a. lancar dan jelas (3)
b. kurang lancar dan kurang jelas (2)
c. tidak lancar dan tidak jelas (1)
5
2 2. Memerankan drama pendek anak-anak dengan penghayatan dan
ekspresi yang sesuai dengan karakter tokoh
a. sesuai dengan karakter tokoh (3)
b. kurang sesuai dengan karakter tokoh (2)
c. tidak sesuai dengan karakter tokoh (1)

5
3 3. memahami penggunaan tanda kurung
a. mampu menggunakan dengan benar (3)
b. tidak mampu menggunakan (0)
5

NO. Aspek Penilaian Bobot Nilai

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………… X 100
Skor maksimum

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014






































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 10
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas , membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat.
Indikator : Mampu
1. mencatat pokok-pokok isi cerita;
2. menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat;
3. menanggapi isi cerita.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- mencatat pokok-pokok isi cerita;
- menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat;
- menanggapi isi cerita.
II. Materi Ajar
- Menyimpulkan isi cerita anak
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang manfaat membaca.
B. Kegiatan Inti
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang unsur-unsur cerita.
- Siswa membaca contoh cerita.
- Siswa menulis pokok-pokok isi cerita.
- Siswa menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
- Siswa menanggapi kesimpulan cerita.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Membuat kreasi.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Cerita
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan ,tertulis dan unjuk kerja
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Mencatat pokok-pokok isi cerita
a. mencatat semua pokok-pokok isi (3)
b. mencatat sebagian besar pokok-pokok isi (2)
c. mencatat sebagian kecil pokok-pokok isi (1)
5
2 2. Menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat
a. menyimpulkan dengan tepat (3)
b. menyimpulkan kurang tepat (2)
c. menyimpulkan tidak tepat (1)
5
3 3. Menanggapi isi cerita
a. logis (3)
b. kurang logis (2)
c. tidak logis (1)
5

NO. Aspek Penilaian Bobot Nilai

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ………………. X 100
Skor maksimum

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014






































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 11,12
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Meringkas isi buku yang dipilih sendiri dengan memerhatikan penggunaan ejaan.
Indikator : Mampu
1. menulis pokok-pokok isi buku;
2. menulis ringkasan isi buku dalam beberapa kalimat.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menulis pokok-pokok isi buku;
- menulis ringkasan isi buku dalam beberapa kalimat.
II. Materi Ajar
- Ringkasan isi buku
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang buku-buku yang pernah dibaca.
B. Kegiatan Inti
- Siswa membaca contoh ringkasan isi buku.
- Siswa mencatat pokok-pokok isi buku.
- Guru memberi tugas rumah kepada siswa.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Ringkasan isi buku
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
- Departemen Pendidikan Nasional. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menulis pokok-pokok isi buku
a. menulis pokok-pokok isi dengan lengkap (3)
b. menulis pokok-pokok isi kurang lengkap (2)
c. menulis pokok-pokok isi tidak lengkap (1)
5
2 2. Menulis ringkasan isi buku dalam beberapa kalimat
a. meringkas dengan tepat (3)
b. meringkas kurang tepat (2)
c. meringkas tidak tepat (1)
5



Keterangan
Skor maksimum 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = X 100
Skor maksimum


Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014














































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 13
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, amanat )
Indikator : Mampu
1. mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat);
2. menyampaikan kembali isi cerita secara lisan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- mengidentifikasi tokoh, tema, latar, dan amanat cerita;
- menyampaikan kembali isi cerita secara lisan.
II. Materi Ajar
- Cerita
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang membaca buku cerita.
B. Kegiatan Inti
- Siswa mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh temannya (Teks mendengarkan 8.1)
- Siswa membuat catatan tentang unsur-unsur cerita.
- Siswa mendengarkan kalimat yang dibacakan guru sesuai petunjuk dalam buku siswa.
- Siswa menjawab pertanyaan-peertanyaan tentang isi cerita yang didengar.
- Siswa menyimpulkan unsur-unsur cerita.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Menyusun puzzle.
- Mengerjakan tugas.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Cerita
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, latar, dan amanat)
a. menyebutkan unsur cerita lengkap (3)
b. kurang lengkap(2)
c. tidak lengkap (1)
5
2 2. Menyampaikan kembali isi cerita secara lisan.
a. menyampaikan dengan tepat (3)
b. kurang tepat (2)
c. tidak tepat (1)
5



Keterangan
Skor maksimum 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………… X 100
Skor maksimum




Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014













































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 14,15
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Mengomentari peristiwa faktual disertai alasan yang mendukung dengan
memerhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Indikator : Mampu
1. mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman.
2. menanyakan persoalan yang dikemukakan teman sesuai dengan topik;
3. memberikan pendapat, saran, dan alasan yang logis terhadap persoalan
faktual yang dikemukakan teman.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan teman;
- menanyakan persoalan yang dikemukakan teman sesuai deengan topik;
- memberikan pendapat, saran, dan alasan yang logis terhadap persoalan faktual yang dikemukakan
teman.
II. Materi Ajar
- Permasalahan pada gambar
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
B. Kegiatan Inti
- Siswa dan guru bertanya jawab tentang berbagai persoalan lingkungan.
- Siswa memerhatikan gambar dan menjelaskan masalah yang terjadi pada gambar tersebut.
- Siswa mengidentifikasi masalah-masalah lingkungan yang terjadi sehari-hari.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Permasalahan lingkungan
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Lisan dan tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Mengidentifikasi pokok-pokok persoalan yang dikemukakan
teman
a. tepat (3)
b. kurang tepat (2)
c. tidak tepat (1)
5
2 3. Memberikan pendapat, saran, dan lasan yang logis terhadap
persoalan faktual yang dikemukakan teman
a. logis (3)
b. kurang logis (2)
c. tidak logis (1)
5
3 2. Menyampaikan kembali isi cerita secara lisan.
a. menyampaikan dengan tepat (3)
b. kurang tepat (2)
c. tidak tepat (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ………………….. X 100
Skor maksimum




Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014




































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 16
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami isi teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Membandingkan isi dua teks dengan membaca sekilas.
Indikator : Mampu
1. mencatat pokok-pokok isi masing-masing teks yang dibaca.
2. mencari persamaan dan perbedaan isi setiap teks.
3. memahami makna kata depan dengan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- mencatat pokok-pokok isi masing-masing teks yang dibaca;
- mencari persamaan dan perbedaan isi setiap teks;
II. Materi Ajar
- 2 teks bacaan
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang pupuk dan manfaatnya.
B. Kegiatan Inti
- Siswa membaca dua teks.
- Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks
- Siswa menjelaskan kembali teks secara lisan.
- Memerhatikan materi kebahasaan (kata depan dengan).
- Membandingkan persamaan dan perbedaan isi teks.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Siswa mengerjakan tugas.
- Membuat kreasi (pupuk alami)
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- 2 teks bacaan
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Mencatat pokok-pokok isi masing-masing teks yang dibaca
a. semua pokok isi (3)
b. sebagian besar pokok isi (2)
c. sebagian kecil pokok isi (1) 5
2 2. Mencari persamaan dan perbedaan isi setiap teks
a. menemukan dengan tepat (3)
b. menemukan kurang tepat (2)
c. menemukan tidak tepat (1)

5
3 3. Memahami makna kata depan dengan
a. memahami (3)
b. tidak memahami (0)

5
Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………… X 100
Skor maksimum




Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014






































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 17,18
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi dan fakta secara tertulis dalam
bentuk, ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menulis laporan pengamatan atau kunjungan berdasarkan tahapan (catatan,
konsep awal, perbaikan, final) dengan memerhatikan penggunaan ejaan.
Indikator : Mampu
1. menyebutkan sistematika laporan kunjungan;
2. memahami isi laporan kunjungan;
3. menuliskan pokok-pokok isi laporan kunjungan;
4. menuliskan laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal
/buram awal)
5. memeperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi
laporan yang baik.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menuliskan laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep awal /buram awal);
- memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru menjadi laporan yang baik.
II. Materi Ajar
- Laporan kunjungan
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang sitematika dan format laporan penelitian/ pengamatan.
B. Kegiatan Inti
- Siswa membaca contoh laporan kunjungan.
- Siswa menemukan sistematika laporan kunjungan.
- Siswa menjawab pertanyaan tentang isi kunjungan yang telah dibaca.
- Siswa mencatat pokok-pokok laporan kunjungan.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Guru memberi tugas rumah kepada siswa.
- Mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Laporan kunjungan
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis, portofolio
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menyebutkan sistematika laporan kunjungan
a. menyebutkan lengkap (3)
b. kurang lengakap (2)
c. tidak lengkap (1)
5
2 2. Memahami isi laporan kunjungan
a. menjawab benar semua pertanyaan (3)
b. sebagian besar benar (2)
c. sebagian kecil benar (1)
5
3 3. Menuliskan pokok-pokok isi laporan kunjungan
a. menuliskan dengan lengkap (3)
b. kurang lengkap (2)
c. tidak lengkap (1)
5
4 4. Menuliskan laporan berdasarkan tahapan (dari catatan ke konsep
awal /buram awal)
a. runtut (3)
b. kurang runtut (2)
c. tidak runtut (1)
5
5 5. Memperbaiki tulisan berdasarkan masukan dari teman atau guru
menjadi laporan yang baik
a. baik (3)
b. kurang baik (2)
c. tidak baik (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 5 (3 X 5) = 75
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = …………………….. X 100
Skor maksimum


Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014
























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 19,20
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi unsur cerita (tokoh, tema, amanat)
Indikator : Mampu
1. menyebutkan unsur-unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat);
2. memahami isi cerita;
3. menanggapi cerita;
4. menceritakan kembali secara lisan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menyebutkan unsur-unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat);
- menanggapi cerita.
II. Materi Ajar
- Cerita
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang binatang kesayangan.
B. Kegiatan Inti
- Siswa mendengarkan pembacaan cerita yang dibacakan oleh teman (teks mendengarkan 9.1
- Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang isi cerita.
- Siswa memberi tanggapan terhadap isi cerita.
- Siswa menceritakan kembali isi cerita.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Bernyanyi bersama.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Cerita
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis dan lisan
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menyebutkan unsur-unsur cerita (tokoh, tema, latar, amanat)
a. menyebutkan dengan lengkap (3)
b. kurang lengkap (2)
c. tidak lengkap (1)
5
2 2. Memahami isi cerita
a. menjawab benar semua pertanyaan (3)
b. sebagian besar yang benar (2)
c. sebagian kecil yang benar (1)
5
3 3. Menanggapi cerita
a. sesuai cerita (3)
b. kurang sesuai dengan cerita (2)
c. tidak sesuai dengan cerita (1)
5
4 4. Menceritakan kembali secara lisan
a. runtut (3)
b. kurang runtut (2)
c. tidak runtut (1) 5

Keterangan
Skor maksimum 4 (3 X 5) = 60
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………………. X 100
Skor maksimum




Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014



































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 21
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Mengomentari persoalan faktual disertai alasan yang mendukung dengan
memerhatikan pilihan kata dan santun berbahasa.
Indikator : Mampu
1. menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolahan dengan runtut;
2. menanggapi masalah pada gambar;
3. membuat kalimat harapan.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolahan dengan runtut;
- memberikan komentar atau saran dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun.
II. Materi Ajar
- Mengidentifikasi dan menanggapi masalah pada gambar.
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Bertanya jawab tentang transportasi.
B. Kegiatan Inti
- Siswa bertanya jawab tentang masalah yang teerjadi pada gambar.
- Siswa membaca uraian tentang masalah yang terjadi pada gambar.
- Siswa menguraikan masalah-masalah, penyebab, dampak, dan cara mengatasinya.
- Siswa mempelajari materi kebahasaan (kalimat harapan )
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Mengidentifikasi dan menanggapi masalah pada gambar
- Kalimat harapan.
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis dan lisan
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menjelaskan masalah atau peristiwa yang terjadi di sekolah
dengan runtut
a. runtut (3)
b. kurang runtut (2)
c. tidak runtut (1)
5
2 2. Menanggapi masalah pada gambar
a. sesuai gambar (3)
b. kurang sesuai gambar (2)
c. tidak sesuai gambar (1)
5
3 3. Membuat kalimat harapan
a. membuat dengan benar (3)
b. kurang benar (2)
c. tidak benar (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ………………….. X 100
Skor maksimum





Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014




































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 22,23
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menemukan informasi secara cepat dari berbagai teks khusus (buku petunjuk
telepon, jadwal perjalanan, daftar susunan acara, daftar menu, dll. ) yang
dilakukan melalui membaca memindai.
Indikator : Mampu
1. menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau yang
diminta oleh guru;
2. menjelaskan informasi dalam bentuk uraian;
3. menyampaikan kembali jadwal perjalanan dengan kalimat sendiri.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau yang diminta oleh guru;
- menjelaskan informasi dalam bentuk uraian.
II. Materi Ajar
- Jadwal perjalanan kereta.
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Guru memberikan apersepsi cara membaca jadwal perjalanan.
B. Kegiatan Inti
- Siswa membaca secara sekilas jadwal keberangkatan kereta.
- Siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru.
- Siswa bertanya jawab tentang jadwal perjalanan kereta.
- Siswa menyampaikan kembali jadwal perjalanan kereta.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Jadwal perjalanan kereta
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis dan lisan
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menemukan secara cepat dan tepat informasi yang diperlukan atau
yang diminta oleh guru
a. cepat dan tepat (3)
b. kurang cepat dan kurang tepat (2)
c. tidak cepat dan tidak tepat (1)
5
2 2. Menjelaskan informasi dalam bentuk uraian
a. mudah dipahami (3)
b. kurang mudah dipahami (2)
c. tidak mudah dipahami (1)
5
3 3. menyampaikan kembali jadwal perjalanan dengan kalimat sendiri
a. sesuai isi (3)
b. kurang sesuai isi (2)
c. tidak sesuai isi (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………………. X 100
Skor maksimum




Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014





































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 24,25
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menulis puisi bebas dengan pilihan kata yang tepat.
Indikator : Mampu
1. menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman;
2. menulis puisi bebas berdasarkan gagasan pokok;
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman;
- menulis puisi bebas berdasarkan gagasan pokok.
II. Materi Ajar
- Puisi
- Manfaat kegiatan menulis puisi.
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
- Diskusi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang manfaat kegemaran menulis puisi.
B. Kegiatan Inti
- Siswa membentuk kelompok mendiskusikan manfaat kegemaran menulis puisi.
- Siswa membaca dalam hati contoh puisi.
- Siswa menyebutkan gagasan pokok puisi tersebut.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Membuat kreasi.
- Mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Puisi
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis dan portofolio
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menentukan gagasan pokok berdasarkan pengalaman
a. tepat (3)
b. kurang tepat (2)
c. tidak tepat (1)
5
2 2. Menulis puisi bebas berdasarkan gagasan pokok
a. menulis > 10 baris (3)
b. menulis 7-10 (2)
c. menulis < 7 (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 2 (3 X 5) = 30
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ………………. X 100
Skor maksimum





Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014











































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 26,27
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami cerita tentang suatu peristiwa dan cerita pendek anak yang
disampaikan secara lisan.
Kompetensi Dasar : Menanggapi cerita tentang peristiwa yang terjadi d sekitar yang disampaikan
secara lisan.
Indikator : Mampu
1. menyebutkan pokok-pokok peristiwa yang didengar;
2. memahami isi pengalaman yang didengar;
3. menceritakan kembali peristiwa yang didengar dengan kalimat sendiri.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menyebutkan pokok-pokok peristiwa yang di degar;
- menjawab dan mengerjakan pertanyaan tentang peristiwa yang didengar;
- menceritakan kembali peristiwa yang didengar dengan kalimat sendiri.
II. Materi Ajar
- Peristiwa yang diceritakan teman
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang berbagai peristiwa yang pernah dialami teman.
B. Kegiatan Inti
- Siswa mendengarkan cerita pengalaman yang dibacakan teman (teks mendengarkan 10)
- Siswa bertanya jawab tentang peristiwa yang didengar.
- Siswa menceritakan kembali peristiwa yang didengar dengan kalimat sendiri.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Bernyanyi bersama.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Peristiwa yang diceritakan
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis dan lisan
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Menyebutkan pokok-pokok peristiwa yang didengar
a. semua pokok isi (3)
b. sebagian besar (2)
c. sebagian kecil (1)
5
2 2. Memahami isi pengalaman yang didengar
a. memahai (3)
b. kurang memahami (2)
c. tidak memahami (1)
5
2 3. menceritakan kembali peristiwa yang didengar dengan kalimat
sendiri
a. runtut (3)
b. kurang runtut (2)
c. tidak runtut (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = …………………….. X 100
Skor maksimum





Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014





































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 28,29
Alokasi Waktu : 4 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran dan perasaan secara lisan dalam diskusi dan bermain
drama.
Kompetensi Dasar : Memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat.
Indikator : Mampu
1. membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas;
2. menjawab pertanyaan tentang isi naskah drama;
3. memerankan drama pendek anak-anak dengan penghayatan dan ekspresi
sesuai dengan karakter tokoh.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas;
- memrankan drama pendek anak-anak dengan penghayatan dan ekspresi sesuai dengan karakter
tokoh.
II. Materi Ajar
- Drama
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
- Diskusi kelompok
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang pengalaman bermain drama.
B. Kegiatan Inti
- Siswa membentuk kelompok.
- Siswa membacakan teks drama berpasangan dengan teman dengan bimbingan guru.
- Siswa menjawab pertanyaan tentang isi drama.
- Menirukan gerak gerik dan ekspresi tokoh dalam drama.
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Drama
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis ,lisan, dan unjuk kerja
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
a. baik (3)
b. kurang baik (2)
c. tidak baik (1)
5
2 2. Menjawab pertanyaan tentang isi naskah drama
a. benar semua (3)
b. benar sebagian besar (2)
c. benar sebagian kecil (1)
5
3 3. Memerankan drama pendek anak-anak dengan penghayatan dan
ekspresi sesuai dengan karakter tokoh
a. sesuai karakter tokoh (3)
b. kurang sesuai karakter tokoh (2)
c. tidak sesuai karakter tokoh (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = ……………………… X 100
Skor maksimum






Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014


































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 30
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Memahami teks dengan membaca sekilas, membaca memindai, dan membaca
cerita anak.
Kompetensi Dasar : Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat.
Indikator : Mampu
1. menjawab pertanyaan tentang cerita yang di baca;
2. menceritakan kembali isi cerita secara ringkas;
3. membuat kesimpulan isi cerita;
4. memahami makna imbuhan ter-.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- menjawab pertanyaan tentang cerita yang dibaca;
- menceritakan kembali isi cerita secara ringkas.
- membuat kesimpulan isi cerita.
II. Materi Ajar
- Cerita
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang tema ceerita (ulang tahun).
B. Kegiatan Inti
- Siswa membaca dalam hati cerita, sambil mencatat pokok-pokok isi cerita.
- Siswa menjawab tentang isi cerita.
- Siswa memberikan tanggapan tentang kesimpulan cerita.
- Mempelajari materi kebahasaan (imbuhan ter- ).
- Guru memberikan tugas rumah kepada siswa.
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Siswa membuat kreasi
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Cerita
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis dan lisan
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Membaca dialog drama pendek dengan lancar dan jelas
a. baik (3)
b. kurang baik (2)
c. tidak baik (1)
5
2 4. Memahami makna imbuhan tera.
a. memahami makna imbuhan ter (3)
b. tidak memahami makna imbuhan ter- (0)

5
3 3. Membuat kesimpulan isi cerita
a. membuat kesimpulan dengan tepat (3)
b. membuaat kesimpulan kurang tepat (2)
c. tidak tepat (1)
5


Keterangan
Skor maksimum 4 (3 X 5) = 60
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = …………………. X 100
Skor maksimum





Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014



































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 31
Alokasi Waktu : 2 X 35 menit
Standar Kompetensi : Mengungkapkan pikiran, perasaan, informasi, dan fakta secara tertulis dalam
bentuk ringkasan, laporan, dan puisi bebas.
Kompetensi Dasar : Menyimpulkan isi cerita anak dalam beberapa kalimat.
Indikator : Mampu
1. mencatat pokok-pokok isi buku yaang dibaca;
2. menanggapi ringkasan isi cerita;
3. membaca buku dan menulis ringkasannya.
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran ini, siswa mampu
- mencatat pokok-pokok isi buku yaang dibaca;
- mencatat ringkasan isi buku;
- menanggapi isi buku yang dibaca.
II. Materi Ajar
- Ringkasan buku
III. Metode pembelajaran.
- Contoh
- Tanya jawab
- Latihan
- Penugasan
- Inkuiri
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
A. Kegiatan Awal
- Menjelaskan tujuan pembelajaran dan kemampuan-kemampuan yang harus dimiliki siswa setelah
pembelajaran usai.
- Guru dan siswa bertanya jawab tentang cara menulis ringkasan buku.
B. Kegiatan Inti
- Siswa membaca contoh ringkasan buku.
- Siswa mencatat pokok-pokok isi ringkasan buku.
- Siswa menanggapi ringkasan isi buku.
- Mempelajari materi kebahasaan (imbuhan ter- ).
- Siswa mengerjakan tugas
- Mengerjakan latihan sesuai instruksi pada buku siswa.
- Mempelajari kamus mini.
C. Kegiatan Akhir
- Siswa dan guru melakukan refleksi pada kegiatan pembelajaran yang telah dilalui.
- Guru memberi penguatan terhadap tugas siswa.
V. Sumber/Bahan/Alat
- Ringkasan buku
- Karsidi.2008.Inilah Bahasa Indonesiaku 5. Solo: Tiga Serangkai.
VI. Penilaian
Bentuk tes : Tertulis dan tertulis
NO . Aspek Penilaian BOBOT NILAI
1. 1. Mencatat pokok-pokok isi buku yaang dibaca
a. lengkap (3)
b. kurang lengkap (2)
c. tidak lengkap (1)
5
2 2. Menanggapi ringkasan isi cerita
a. logis (3)
b. kurang logis (2)
c. tidak logis (1)

5
3 3. Membaca buku dan menulis ringkasannya
a. baik (3)
b. kurang baik (2)
c. tidak baik (1)
5

Keterangan
Skor maksimum 3 (3 X 5) = 45
Skor perolehan
Nilai perolehan siswa = …………………… X 100
Skor maksimum



Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar