Rabu, 09 Februari 2011

PKN KLS V S-II

PKN
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 4 × 35 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mendeskripsikan pengertian berorganisasi.
Indikator : - Mendeskripsikan pengertian organisasi.
- Menyebutkan ciri-ciri organisasi.
- Mendeskripsikan pengurus organisasi.
- Mendeskripsikan prinsip-prinsip organisasi.
A. Tujuan Pembelajaran
Mendeskripsikan pengertian organisasi.
B. Materi Pokok Pembelajaran
Pengertian Organisasi
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi. - Pengamatan.
- Ceramah. - Peragaan.
- Penugasan.
D. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan Ke-2
Judul materi pelajaran: pengertian dan ciri-ciri organisasi.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid tentang organisasi.
1) Apakah yang kamu ketahui tentang organisasi?
2) Sebutkan contoh organisasi yang kamu kenal!
3) Menurutmu, apa yang dimaksud organisasi?
b. Guru menjelaskan tentang pengertian organisasi dengan menunjukkan
beberapa lambang organisasi, seperti PKK, OSIS, KNPI, dan pramuka.
c. Guru mengajukan pertanyaan kepada murid secara acak.
1) Apakah organisasi terbentuk dengan sendirinya?
2) Apakah ciri-ciri yang ada dalam organisasi?
d. Guru menjelaskan tentang ciri-ciri organisasi secara singkat dan jelas.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
b. Murid diberikan tugas untuk menuliskan pendapatnya tentang organisasi
dan ciri-cirinya.
Pertemuan Ke-3 dan Ke-4
Judul materi pelajaran: pengurus dan prinsip organisasi.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi pelajaran minggu lalu.
c. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan tugas kepada murid untuk membuat laporan tentang pembentukan koperasi sekolah mulai dari nama, tujuan, kegiatan, dan pengurus organisasi koperasi sekolah.
b. Murid dapat bertanya kepada petugas koperasi sekolah di sekolahnya atau di sekolah lain.
c. Hasil laporan dikumpulkan dan disimpulkan bersama.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Ayo Belajar Kewarganegaraan SD dan MI Kelas V.
- Buku yang relevan.


F. Penilaian
- Tes lisan.
- Tes tertulis.
- Skala sikap.


Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014















































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 4 × 35 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar : 3.2 Menyebutkan contoh organisasi di lingkungan sekolah
dan masyarakat.
Indikator : - Menyebutkan contoh organisasi.
- Memberi contoh organisasi di lingkungan sekolah.
- Memberi contoh organisasi di lingkungan masyarakat.
A. Tujuan Pembelajaran
- Menyebutkan macam-macam organisasi.
- Mendeskripsikan organisasi di sekolah dan masyarakat.
B. Materi Pokok Pembelajaran
Macam-Macam Organisasi
Contoh Organisasi di Lingkungan Sekolah dan Masyarakat
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi. - Pengamatan.
- Ceramah. - Peragaan.
- Penugasan.
D. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan Ke-2
Judul materi pelajaran: macam organisasi.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid tentang organisasi.
1) Tahukah kamu macam organisasi?
2) Sebutkan contoh organisasi yang kamu ketahui!
b. Guru menjelaskan tentang contoh organisasi dengan menunjukkan beberapa gambar lambang organisasi.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-3
Judul materi pelajaran: contoh organisasi di lingkungan sekolah.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid tentang organisasi.
1) Apakah di sekolahmu ada organisasi?
2) Sebutkan contoh organisasi di sekolahmu!
b. Guru menjelaskan tentang contoh organisasi di sekolah dengan menunjukkan beberapa gambar aktivitas di organisasi sekolah, seperti koperasi sekolah dan kegiatan kepramukaan.
c. Guru memberi tugas kepada murid untuk menuliskan laporan atau
karangan tentang peran organisasi di sekolah.
d. Murid dapat memilih contoh organisasi di sekolah yang ada.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-4
Judul materi pelajaran: contoh organisasi di lingkungan masyarakat.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid tentang organisasi.
1) Apakah di kampungmu ada organisasi?
2) Sebutkan contoh organisasi di kampungmu!
b. Guru menjelaskan tentang contoh organisasi di masyarakat atau kampung
dengan menunjukkan beberapa gambar aktivitas di organisasi
masyarakat.
c. Guru memberi tugas kepada murid untuk menuliskan laporan atau
karangan tentang peran organisasi di masyarakat.
d. Murid dapat memilih contoh organisasi di masyarakat yang ada.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Ayo Belajar Kewarganegaraan SD dan MI Kelas V.
- Buku yang relevan.
F. Penilaian
- Tes lisan.
- Tes tertulis.
- Skala sikap.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014



































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 4 × 35 menit
Standar Kompetensi : 3. Memahami kebebasan berorganisasi.
Kompetensi Dasar : 3.3 Menampilkan peran serta dalam memilih organisasi di
sekolah.
Indikator : - Menjelaskan kegiatan organisasi di sekolah.
- Menjelaskan peran serta murid dalam organisasi disekolah.
- Menjelaskan peran serta guru dalam organisasi di sekolah.
- Menjelaskan manfaat organisasi di sekolah dalam kegiatan belajar-mengajar.
A. Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan kegiatan organisasi di sekolah.
- Menjelaskan peran serta murid dalam organisasi di sekolah.
- Menjelaskan peran serta guru dalam organisasi di sekolah.
- Menjelaskan manfaat adanya organisasi di sekolah dalam kegiatan belajarmengajar.
B. Materi Pokok Pembelajaran
Peran Serta Siswa dalam Memilih Organisasi di Sekolah
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi. - Pengamatan.
- Ceramah. - Peragaan.
- Penugasan.
D Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 Judul materi pelajaran: kegiatan organisasi di sekolah.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan tugas kepada murid untuk memilih salah satu bentuk organisasi di sekolah dan membuat laporan tentang kegiatan dari organisasi yang dipilihnya.
1) koperasi sekolah
2) Pramuka
3) usaha kesehatan di sekolah
b. Guru menjelaskan tentang kegiatan organisasi di sekolah.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-2
Judul materi pelajaran: peran serta murid dalam organisasi di sekolah.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid tentang peran serta mereka dalam organisasi di sekolah.
b. Guru meminta beberapa murid secara acak untuk bercerita tentang perannya dalam kegiatan organisasi di sekolah.
c. Guru memberikan penjelasan tentang peran serta seorang siswa dalam
kegiatan organisasi di sekolah.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-3
Judul materi pelajaran: peran serta murid dalam organisasi di masyarakat.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid tentang peran serta mereka dalam organisasi di masyarakat.
b. Guru memberi tugas kepada murid untuk membuat karangan tentang perannya dalam kegiatan organisasi di masyarakat.
c. Guru memberikan penjelasan tentang peran serta yang murid lakukan untuk kegiatan organisasi di masyarakat.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-4
Judul materi pelajaran: manfaat organisasi di sekolah dalam kegiatan belajarmengajar.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid tentang manfaat
adanya organisasi di sekolah dalam kegiatan belajar-mengajar.
b. Guru memberi tugas kepada murid untuk menuliskan manfaat yang peserta didik dapatkan dengan mengikuti organisasi di sekolah, terutama manfaat dalam belajar-mengajar.
c. Guru memberikan penjelasan tentang manfaat organisasi di sekolah dalam kegiatan belajar-mengajar.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Ayo Belajar Kewarganegaraan SD dan MI Kelas V.
- Buku yang relevan.
F. Penilaian
- Tes lisan.
- Tes tertulis.
- Skala sikap.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 8 × 35 menit
Standar Kompetensi : 4. Menghargai keputusan bersama.
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengenal bentuk-bentuk keputusan bersama.
Indikator : - Menjelaskan pengertian keputusan ber
- Menjelaskan pengertian musyawarah.
- Menjelaskan timbulnya keputusan bersama.
- Menjelaskan bentuk keputusan bersama.
- Menjelaskan hubungan keputusan bersama denganmusyawarah.
- Menjelaskan manfaat keputusan bersama dalam penyelesaian masalah.
A. Tujuan Pembelajaran
- Menjelaskan pengertian keputusan bersama.
- Menjelaskan pengertian musyawarah.
- Menjelaskan bentuk keputusan bersama.
- Menjelaskan hubungan keputusan bersama dengan musyawarah.
- Menjelaskan manfaat keputusan bersama dalam penyelesaian masalah.
B. Materi Pokok Pembelajaran
Pengertian Keputusan Bersama
Macam-Macam Keputusan Bersama
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi. - Pengamatan.
- Ceramah. - Peragaan.
- Penugasan.
D. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan Ke-2
Judul materi pelajaran: pengertian musyawarah dan keputusan bersama.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru mengajukan pertanyaan kepada beberapa murid.
1) Apakah yang kamu ketahui tentang musyawarah?
2) Apakah yang kamu ketahui tentang keputusan bersama?
3) Menurutmu, apa yang dimaksud musyawarah?
4) Menurutmu, apa yang dimaksud keputusan bersama?
b. Guru menjelaskan tentang pengertian musyawarah dan keputusan bersama.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
b. Murid diberikan tugas untuk menuliskan pendapatnya tentang pengertian musyawarah dan keputusan bersama (disertai contohnya).
Pertemuan Ke-3 dan Ke-4
Judul materi pelajaran: bentuk keputusan bersama.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi pelajaran minggu yang lalu.
c. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan tugas kepada murid untuk menyebutkan contoh keputusan bersama dari tugas yang dikerjakan minggu lalu.
b. Guru memberikan penjelasan tentang contoh atau bentuk keputusan bersama.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan peserta didik membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-5 dan Ke-6
Judul materi pelajaran: manfaat adanya keputusan bersama.


Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi pelajaran minggu yang lalu.
c. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru menunjuk salah satu murid untuk menceritakan bagaimana suatu keputusan bersama itu ada.
b. Guru memberikan tugas kepada murid untuk menuliskan manfaat adanya keputusan bersama dalam penyelesaian masalah.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-7 dan Ke-8
Judul materi pelajaran: hubungan keputusan bersama dengan musyawarah.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi pelajaran minggu yang lalu.
c. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan penjelasan tentang hubungan keputusan bersama dengan musyawarah.
b. Guru memberikan tugas kepada murid untuk mengerjakan tugas yang, ada dalam buku.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Ayo Belajar Kewarganegaraan SD dan MI Kelas V.
- Buku yang relevan.
F. Penilaian
- Tes lisan.
- Tes tertulis.
- Skala sikap.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester : V/2
Alokasi Waktu : 4 × 35 menit
Standar Kompetensi : 4. Menghargai keputusan bersama.
Kompetensi Dasar : 4.2 Mematuhi keputusan bersama.
Indikator : - Menyebutkan contoh keputusan bersama.
- Menunjukkan sikap positif dalam melaksanakan keputusanbersama.
- Memberi contoh sikap patuh terhadap keputusan bersama.
A. Tujuan Pembelajaran
- Menyebutkan contoh keputusan bersama.
- Menunjukkan sikap positif dalam melaksanakan keputusan bersama.
- Memberi contoh sikap patuh terhadap keputusan bersama.
B. Materi Pokok Pembelajaran
Mematuhi Keputusan Bersama
C. Metode Pembelajaran
- Diskusi. - Pengamatan.
- Ceramah. - Peragaan.
- Penugasan.
D. Langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Ke-1 dan Ke-2
Judul materi pelajaran: contoh keputusan bersama.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi pelajaran minggu yang lalu.
c. Guru menginformasikan tentang materi yang akan dibahas.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan tugas kepada murid untuk menyebutkan contoh
keputusan bersama dari tugas yang dikerjakan minggu lalu.
b. Guru memberikan penjelasan tentang contoh atau bentuk keputusan
bersama.
3. Kegiatan Akhir
Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
Pertemuan Ke-3 dan Ke-4
Judul materi pelajaran: sikap positif dalam melaksanakan keputusan bersama.
Langkah Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Presensi.
b. Guru menanyakan tentang materi pelajaran minggu yang lalu.
2. Kegiatan Inti
a. Guru memberikan tugas kepada murid untuk menyebutkan sikap positif
dalam melaksanakan keputusan bersama.
b. Guru memberikan penjelasan tentang sikap positif dalam melaksanakan
keputusan bersama.
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan murid membuat simpulan akhir tentang materi yang dibahas.
b. Murid diberikan tugas dari dalam buku.
E. Alat dan Sumber Belajar
- Buku Ayo Belajar Kewarganegaraan SD dan MI Kelas V.
- Buku yang relevan.
F. Penilaian
- Tes lisan.
- Tes tertulis.
- Skala sikap.
Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas

(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014
Kunci Jawaban Buku Ayo Belajar
Kewarganegaraan SD 5
Pelajaran 1
A.
1. d 11. b 21. a 31. b
2. c 12. a 22. d 32. c
3. b 13. c 23. b 33. c
4. a 14. a 24. a 34. a
5. a 15. c 25. a 35. b
6. c 16. b 26. b 36. d
7. b 17. a 28. c 38. c
8. d 18. c 29. c 39. b
9. d 19. a 27. c 37. a
10. a 20. a 30. c 40. a

B.
1. etat
2. rakyat
3. wilayah, rakyat, pemerintahan berdaulat
4. Australia dan Asia
5. maritim
6. de jure
7. presiden, wakil presiden, dan kabinet
8. republik
9. Montesquieu
10. 17 Agustus 1945
11. keindahan di sepanjang garis khatulistiwa
12. cinta tanah air
13. pahlawan
14. 6o LU – 11o LS dan 95o BT – 141o BT
15. undang-undang
C.
1. Agar persatuan dan kesatuan tercapai dan keutuhan wilayah Indonesia tetap terjaga.
2. Menjalani persaudaraan dan rukun dengan semua rakyat tanpa membeda-bedakan.
3. Melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.
4. Pada awal kemerdekaan, wilayah laut Indonesia hanya sejauh 3 mil. Setelah mengalami perkembangan maka wilayah laut Indonesia sekarang meliputi perairan Nusantara (berupa laut dan selat antarpulau), laut wilayah (12 mil), landas kontinen (200 mil), serta ZEE.
5. Perkembangan daerah provinsi di Indonesia selalu mengalami pemekaran, sekarang ini jumlah daerah provinsi di Indonesia adalah 33 provinsi.
6. Karena bahasa Indonesia merupakan bahasa komunikasi dalam hubungan kenegaraan.
7. Agar tercipta keharmonisan dan kebersamaan antaranggota keluarga.
8. Menjaga dan mengembangkan budaya daerah agar tidak hilang dengan mempelajari dan mengajarkan kepada generasi penerus.
9. Bahwa dengan persatuan akan tercipta keteguhan, tanpa persatuan akan tercipta keruntuhan.
10. Negara yang hanya memiliki satu pemerintahan yang sah, yaitu pemerintah pusat.












Pelajaran 2
A.
1. b 11. d 21. c 26. d 31. b
2. c 12. a 22. c 27. d 32. c
3. b 13. c 23. b 28. a 33. c
4. a 14. a 24. c 29. d 34. b
5. b 15. c 25. a 30. b 35. a
6. c 16. b
7. c 17. c
8. a 18. d
9. a 19. a
10. a 20. c
B.
1. lembaga legislatif
2. negara Indonesia adalah negara hukum
3. pemerintah dan lembaga negara
4. pemerintah daerah
5. kondisi atau pemerintah
6. DPR
7. kepala daerah dan DPRD kabupaten/kota
8. peraturan
9. DKI Jakarta
10. tidak disahkan oleh lembaga yang berwenang
11. PPKI
12. pada rakyat
13. jaksa
14. denda
15. perpu
C.
1. Suatu peraturan perundang-undangan
yang berlaku di wilayah suatu
negara.
2. UUD 1945 – UU – perpu – PP – perpres – perda.
3. Undang-undang, perpu, PP, dan perpres.
4. Peraturan yang dibuat oleh pemerintah daerah dan DPRD provinsi atau DPRD kabupaten/kota.
5. Kebijaksanan guru.
6. Peraturan yang dibuat oleh DPR dan presiden
7. Peraturan yang tidak tertulis namun selalu dilakukan.
8. Polisi, jaksa, dan hakim.
9. Untuk pembiayaan pembangunan.
10. Stabilitas negara akan kacau dan keamanan tidak terjamin.



















Latihan Ulangan Semester 1
A.
1. a 6. a 11. b 16. c 21. b 26. a 31. d 41. b 36. a 46. c
2. c 7. d 12. d 17. c 22. c 27. c 32. b 42. a 37. c 47. b
3. b 8. c 13. a 18. a 23. c 28. b 33. c 43. c 38. d 48. c
4. c 9. b 14. b 19. d 24. b 29. b 34. a 44. a 39. b 49. b
5. c 10. c 15. b 20. a 25. a 30. b 35. c 45. a 40. a 50. d
B.
1. UU
2. amandemen
3. presiden
4. staat
5. Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
6. Pasifik dan Hindia
7. Wawasan Nusantara
8. burung Garuda
9. Bhinneka Tunggal Ika
10. seluruh rakyat Indonesia
11. Mahkamah Konstitusi
12. hukuman/sanksi
13. kebudayaan daerah
14. UUD 1945
15. cara pandang bangsa Indonesia memandang diri dan lingkungannya
C.
1. Untuk menciptakan ketertiban, keamanan,dan stabilitas negara yang mantap.
2. Agar kedaulatan negara tetap terjaga dan stabilitas nasional terjamin.
3. menghormati antarpemeluk agama, bekerja sama dengan semua rakyat tanpa membedakan suku
bangsa, bergotong royong, berpartisipasi menjaga keamanan lingkungan sekitar, dan hidup rukun
dengan semua orang.
4. Karena kita hidup di wilayah Indonesia yang memiliki banyak kekayaan alam dan kebudayaan.
5. Peraturan daerah tentang retribusi sampah, Perda tentang Dilarang Merokok, Perda tentang Pajak
Daerah.
6. Saling menghormati, bekerja sama dan menciptakan toleransi yang tinggi antar rakyat.
7. Bergaul dan hidup rukun dengan tetangga, menghormati dan bekerja sama dengan sesama, dan
menjaga keamanan lingkungan melalui siskamling.
8. Mematuhi peraturan yang ada, membayar pajak, membela negara jika negara membutuhkan.
9. Persekutuan orang atau sekelompok orang karena adanya kesamaan sejarah, cita-cita, dan nasib.
10. Peraturan perundang-undangan di Indonesia bersifat mengikat dan memaksa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar