Rabu, 09 Februari 2011

MATEMATIKA
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN. SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 55–63
Alokasi Waktu : 18 × 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Mengubah pecahan ke bentuk persen dan desimal serta sebaliknya
Indikator : • Mengetahui makna persen
• Mengubah berbagai bentuk pecahan menjadi persen
• Mengubah persen ke bentuk pecahan lain
• Menentukan besar bagian dalam persen
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengubah pecahan ke dalam bentuk persen.
II. Materi Pembelajaran
Pecahan
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-55–57
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pecahan biasa dan campuran.
2. Secara berkelompok mengubah pecahan biasa dan campuran ke dalambentuk desimal, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yangmengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke-58–60
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang penyederhanaan pecahan.
2. Secara berkelompok siswa mengubah persen menjadi pecahan dan menyederhanakannya, guru memantau siswa dan mengarahkan siswayang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
C. Pertemuan Ke-61–63
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang persentase dari jumlah benda.
2. Secara berkelompok siswa menentukan persentase dari jumlah benda, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.

Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 81–85)
VI. Penilaian
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 84.


Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014











































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN. SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 64–70
Alokasi Waktu : 14 × 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Membandingkan dua pecahan
Indikator : • Membandingkan dua pecahan
• Membandingkan dua pecahan dengan menggunakan garis bilangan
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat mengubah pecahan ke dalam bentuk persen.
II. Materi Pembelajaran
Pecahan
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-64–67
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pecahan sejenis.
2. Secara berkelompok menyebutkan pecahan sejenis, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke-68–70
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pecahan tidak sejenis.
2. Secara berkelompok siswa menyebutkan pecahan tidak sejenis, guru
memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 86–88)
VI. Penilaian
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 89.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 71–76
Alokasi Waktu : 12 × 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan-bilangan pecahan
Indikator : • Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut sama
• Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama
• Mengubah pecahan campuran menjadi pecahan biasa
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.
II. Materi Pembelajaran
Pecahan
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-71–73
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut sama.
2. Secara berkelompok siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut sama, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke-74–75
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama.
2. Secara berkelompok siswa melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan berpenyebut tidak sama, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
C. Pertemuan Ke-76
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang pecahan campuran dan pecahan biasa.
2. Secara berkelompok siswa mengubah pecahan campuran dan pecahan
biasa, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 90–101)
VI. Penilaian
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 99–101.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014














































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 77–79
Alokasi Waktu : 6 × 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Mengalikan dan membagi berbagai bentuk pecahan
Indikator : • Menentukan hasil perkalian berbagai bentuk pecahan
• Menentukan hasil pembagian berbagai bentuk pecahan
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan pecahan.
II. Materi Pembelajaran
Pecahan
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-77
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang perkalian pecahan sejenis.
2. Secara berkelompok siswa melakukan perkalian pecahan sejenis dan tidak sejenis, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke-78
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan pembagian pecahan sejenis.
2. Secara berkelompok siswa melakukan pembagian pecahan sejenis dan tidak sejenis, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
C. Pertemuan Ke-79
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru memberikan soal cerita yang berkaitan dengan
perkalian dan pembagan pecahan.
2. Secara berkelompok siswa diminta mengerjakan soal cerita yang berkaitan
dengan perkalian dan pembagian pecahan, guru memantau siswa
dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 101–112)
VI. Penilaian
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 110 dan 111–112.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014















































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 80–84
Alokasi Waktu : 10 × 35 menit
Standar Kompetensi : 5. Menggunakan pecahan dalam pemecahan masalah
Kompetensi Dasar : Menggunakan pecahan dalam perbandingan dan skala
Indikator : • Menuliskan perbandingan terkecil
• Menentukan skala gambar
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menentukan perbandingan dan skala.
II. Materi Pembelajaran
Pecahan
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-80–81
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang perbandingan.
2. Secara berkelompok siswa menentukan perbandingan terkecil, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke-82–84
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang skala.
2. Secara berkelompok siswa menghitung skala gambar, guru memantau
siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 112–115)

VI. Penilaian
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 115.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 85–90
Alokasi Waktu : 12 × 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
Indikator : • Menghitung jumlah sudut segitiga
• Menggambar persegi dan persegi panjang
• Menggambar trapesium
• Menggambar jajaran genjang
• Menggambar layang-layang
• Menggambar lingkaran
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggambar bangun datar.
II. Materi Pembelajaran
Sifat-sifat bangun
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-85–86
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat segitiga, persegi,
dan persegi panjang.
2. Secara berkelompok siswa menggambar segitiga, persegi dan persegi panjang, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke 87–88
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat trapesium dan jajargenjang.
2. Secara berkelompok siswa menggambar trapesium dan jajargenjang, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
C. Pertemuan Ke-89–90
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat layang-layang dan lingkaran.
2. Secara berkelompok siswa menggambar layang-layang dan lingkaran, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
RPP Dunia Matematika SD 5 R1 45
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (hal 121–132)
VI. Penilaian
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 127.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014











































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 91–96
Alokasi Waktu : 12 × 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun
Kompetensi Dasar : Mengidentifikasi sifat-sifat bangun ruang
Indikator : • Menggambar macam-macam bangun ruang (prisma,
tabung, limas, kerucut) dan memahami sifat-sifatnya
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggambar bangun ruang.
II. Materi Pembelajaran
Sifat-sifat bangun
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-91–92
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat prisma.
2. Secara berkelompok siswa menggambar prisma, guru memantau siswa
dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke-93–94
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat tabung.
2. Secara berkelompok siswa menggambar tabung, guru memantau siswa
dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
C. Pertemuan Ke-95–96
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang sifat limas dan kerucut.
2. Secara berkelompok siswa menggambar limas dan kerucut, guru memantau
siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.

V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 133–141)
VI. Penilaian
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 140.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014
















































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 97–98
Alokasi Waktu : 4 × 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun
Kompetensi Dasar : Menentukan jaring-jaring berbagai bangun ruang sederhana
Indikator : Menggambar jaring-jaring bangun ruang
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggambar bangun ruang.
II. Materi Pembelajaran
Sifat-sifat bangun
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-97
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang jaring-jaring suatu
bangun ruang, misal kubus dan balok.
2. Secara berkelompok siswa diminta menggambar jaring-jaring kubus dan
balok, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami
kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke-98
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru membahas jaring-jaring prisma segitiga dan
limas segi empat.
2. Secara berkelompok siswa menggambar jaring-jaring limas prisma
segitiga dan limas segi empat, guru memantau siswa dan mengarahkan
siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 141–143)
VI. Penilaian
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 142–143.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas


(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 99–101
Alokasi Waktu : 6 × 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun
Kompetensi Dasar : Menyelidiki sifat-sifat kesebangunan dan simetri
Indikator : • Membandingkan sisi-sisi bangun yang sama
• Menghitung simetri putar dan simetri lipat suatu bangun
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat memahami kesebangunan dan kesimetrian suatu bangun.
II. Materi Pembelajaran
Sifat-sifat bangun
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
A. Pertemuan Ke-99
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang kesebangunan bangun
datar.
2. Secara berkelompok siswa mempraktikkan kesebangunan bangun
datar, guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami
kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
B. Pertemuan Ke-100–101
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru menjelaskan tentang kesimetrian bangun
datar.
2. Secara berkelompok siswa mempraktikkan kesimetrian bangun datar,
guru memantau siswa dan mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 143–151)
VI. Penilaian
Mengerjakan soal latihan halaman 150.
Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 102
Alokasi Waktu : 2 × 35 menit
Standar Kompetensi : 6. Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antarbangun
Kompetensi Dasar : Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bangun datar
dan bangun ruang sederhana
Indikator : Menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun
datar dan bangun ruang sederhana
I. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat menggambar bangun ruang.
II. Materi Pembelajaran
Sifat-sifat bangun
III. Metode Pembelajaran
Tanya jawab, diskusi, tugas kelompok dan individual
IV. Langkah-Langkah Kegiatan
Pertemuan Ke-102
Pendahuluan
1. Apersepsi
• Membahas PR yang diberikan pada pertemuan sebelumnya.
• Mengingat kembali materi sebelumnya.
2. Pemberian motivasi
Kegiatan Inti
1. Dengan tanya jawab guru membahas soal cerita yang berkaitan dengan
bangun datar dan bangun ruang sederhana.
2. Secara berkelompok siswa diminta berdiskusi menyelesaikan soal cerita
yang berkaitan dengan bangun datar sederhana, guru memantau siswa dan
mengarahkan siswa yang mengalami kesulitan.
3. Guru memandu diskusi dan merumuskan jawaban yang benar.
Penutup
1. Membimbing siswa untuk merangkum materi yang baru saja disajikan.
2. Guru memberikan tugas atau PR.
V. Alat/Bahan/Sumber
Buku Dunia Matematika SD 5 (halaman 152–153)
VI. Penilaian :
Mengerjakan soal Ayo Kerjakan halaman 153.


Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014













Kunci Soal Latihan
Evaluasi Bab 3
A. 1. d
2. b
3. a
4. b
5. b
6. a
7. a
8. c
9. a
10. c
11. a
12. b
13. b
14. c
15. c
16. d
17. a
18. b
19. d
20.
B.
1. a. 30%
b. Rp55.300,00
2. _2_1_ 40
3. 7 : 10
4. 85
5. 100 km


Evaluasi Bab 4
A. 1. b
2. a
3. b
4. c
5. b
6. b
7. b
8. c
9. c
10. b
11. b
12. b
13. c
14. d
15. c
16. c
17. c
18. b
19. c
20. c
B.
2. 180o
3. 2 buah
4. memiliki dua sisi sama panjang; sudut-sudut berhadapan sama besar
6. ada 2; simetri lipat dan simetri putar
10. 175 m2



Latihan Ulangan Semester 2
A. 1. c
2. b
3. d
4. d
5. c
6. b
7. b
8. a
9. a
10. a
11. b
12. b
13. b
14. b
15. b
16. c
17. d
18. c
19. Pak Banu–Pak Candra–Pak Andi–Pak Derry
20. a
21. a
22. a
23. c
24. b
25. c
26. b
27. b
28. b
29. b
30. c
B.
1. – _22_10_70_
2. 160
3. 150 km
4. memiliki sepasang sisi sejajar yang tidak sama panjang
5. 360o
6. 2 buah diagonal
7. 2
8. 2
9. sisi
10. lingkaran
C.
1. 3_ 23_0_
2. 1 : 1.000.000
3. 1.000 m2
4. A, B, C, D, E, H, I, K, M, O, T, U, V, W, X, Y (ada 16 huruf kapital)
5. Balok dan kubus termasuk prisma segi empat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar