Senin, 17 Januari 2011

RPP IPA KLS V SD SEMESTER 2

IPA
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 37–42
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (6 × pertemuan)

Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi,serta fungsinya
Kompetensi Dasar : 5.1 Mendeskripsikan hubungan antara gaya, gerak, dan energi melalui
percobaan(gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan)
Indikator : 1. Mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetisdan yang tidak magnetis
2. Menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembusbeberapa benda melalui
Percobaan
3. Memberi contoh penggunaan gaya magnet dalamkehidupan sehari-hari
4. Membuat magnet
5. Membandingkan kecepatan jatuh dua benda (yang berbeda berat, bentuk, dan
ukuran) dari Ketinggian tertentu
6. Menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah
7. Memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi bumi
8. Membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar, halus)
9. Menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan
10. Menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam
kehidupan sehari-hari
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. mengelompokkan benda-benda yang bersifat magnetis dan yang tidak magnetis;
2. menunjukkan kekuatan gaya magnet dalam menembus beberapa bendamelalui percobaan;
3. memberi contoh penggunaan gaya magnet dalam kehidupan sehari-hari;
4. membuat magnet;
5. membandingkan kecepatan jatuh dua benda (yang berbeda berat, bentuk,dan ukuran) dari
ketinggian tertentu;
6. menyimpulkan bahwa gaya gravitasi menyebabkan benda bergerak ke bawah;
7. memprediksi seandainya tidak ada gaya gravitasi bumi;
8. membandingkan gerak benda pada permukaan yang berbeda-beda (kasar dan halus);
9. menjelaskan berbagai cara memperkecil atau memperbesar gaya gesekan;
10. menjelaskan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan oleh gaya gesekan dalam
kehidupan sehari- hari.
II. Materi Pembelajaran
Gaya magnet, gaya gravitasi, dan gaya gesekan
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-37
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian magnet.
2. Guru menyiapkan alat-alat untuk melakukan kegiatan pada halaman 93–94.

Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 93–94 untuk mengelompokkan
benda yang bersifat magnetis dan benda yang bersifat tidak magnetis.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian benda yang bersifat magnetis dan benda
yang bersifat tidak magnetis.
3. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian gaya magnet.
4. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 95 untuk mengetahui jarak
gaya tarik magnet.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan benda yang bersifat magnetis, benda yang bersifat tidak magnetis, dan gaya magnet.

Pertemuan Ke-38
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian kutub magnet.
Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan untuk menentukan kutub magnet, yaitu bagian magnet yang paling kuat menarik serbuk besi.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan untuk menunjukkan sifat-sifat kutub senama dan tidak senama jika didekatkan.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian kutub magnet dan sifat-sifatnya.
Pertemuan Ke-39
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menyediakan alat dan bahan untuk melakukan kegiatan pada halaman 96.
Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 96 untuk
membuktikan bahwa gaya magnet dapat menembus benda tertentu.
2. Dengan dipandu guru, siswa mengelompokkan benda yang dapat ditembus
oleh gaya magnet dan benda yang tidak dapat ditembus oleh gaya magnet.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bahwa gaya magnet dapat menembus
benda tertentu.
Pertemuan Ke-40
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuansebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan jenis magnet berdasarkan asalnya.
Kegiatan Inti1.
Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan magnet alam dan magnet buatan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai bentuk magnet.
3. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 98-99 untuk mengetahui cara
membuat magnet dengan cara gosokan, dengan cara induksi, dan dengan cara elektromagnet.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan magnet.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan bentuk magnet, cara membuat magnet, dan kegunaan magnet.
Pertemuan Ke-41
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian gaya gravitasi.
Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 101 untuk membandingkan
pengaruh gaya gravitasi terhadap gerak jatuh bendabenda.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh gaya gravitasi terhadap gerak benda.
3. Dengan dibimbing guru, siswa membuat karangan dengan tema ”Seandainya Tidak Ada Gaya
Gravitasi di Bumi”.
4. Dengan dipandu guru, siswa membacakan karangannya di depan kelas.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengaruh gaya gravitasi terhadap gerak benda.
Pertemuan Ke-42
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuansebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian gaya gesekan.Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hal-hal yang memengaruhi besargaya gesekan.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 102 untuk
membuktikan bahwa makin kasar permukaan benda makin besar gaya
gesekan.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara memperbesar dan memperkecil gaya gesekan.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat dan kerugian gaya gesekan.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian gaya gesekan, cara memperbesar dan memperkecil, manfaat, serta kerugiannya.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 91–106, terbitan PT Tiga Serangkai
Pustaka Mandiri
• Magnet
• Jarum
• Kertas
• Kaca
• Plastik
• Baterai
• Kabel
• Uang logam
• Uang kertas
• Bola
• Charta bentuk magnet dan kegunaan magnet
• Charta manfaat gaya gravitasi
• Charta manfaat dan kerugian gaya gesekan
• Alat-alat tulis

VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh
lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan tugas pada halaman 100, 102, 103, dan 104.
• Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 105–106.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014



























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 43–48
Alokasi Waktu : 12 jam pelajaran (6 × pertemuan)
Standar Kompetensi : 5. Memahami hubungan antara gaya, gerak, dan energi,
serta fungsinya
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan pesawat sederhana yang dapat membuat pekerjaan lebih mudah dan lebih cepat
Indikator : 1. Mengidentifikasi berbagai pesawat sederhana, misalnya pengungkit, bidang miring, katrol, serta roda
2. Menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang miring, katrol, serta roda
3. Mengidentifikasi kegiatan menggunakan pesawat sederhana
4. Mendemonstrasikan cara menggunakan pesawat sederhana
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. mengidentifikasi berbagai jenis pesawat sederhana, misalnya pengungkit,
bidang miring, katrol, dan roda;
2. menggolongkan berbagai alat rumah tangga sebagai pengungkit, bidang
miring, katrol, dan roda;
3. mengidentifikasi kegiatan sehari-hari yang menggunakan pesawat sederhana;
4. memperagakan cara menggunakan pesawat sederhana.
II. Materi Pembelajaran
Pesawat sederhana
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-43
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian pesawat sederhana, misalnya tuas.
2. Dengan dipandu guru, siswa menunjukkan titik beban, titik kuasa, titik tumpu, lengan kuasa, dan lengan beban.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian tuas jenis pertama.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 110 untuk membuktikan kemudahan kerja dengan menggunakan tuas jenis pertama.
3. Dengan dipandu guru, siswa menunjukkan kedudukan beban, titik tumpu, dan kuasa pada tuas jenis pertama.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tuas jenis pertama yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian pesawat sederhana dan tuas jenis pertama.
Pertemuan Ke-44
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian tuas jenis kedua.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menunjukkan kedudukan beban, titik tumpu, dan kuasa pada tuas jenis kedua.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tuas jenis kedua yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai macam alat yang termasuk tuas jenis kedua.
Pertemuan Ke-45
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian tuas jenis ketiga.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menunjukkan kedudukan beban, titik tumpu,
dan kuasa pada tuas jenis ketiga.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tuas jenis ketiga yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan dipandu guru, siswa menunjukkan perbedaan antara tuas jenis pertama, tuas jenis kedua, dan tuas jenis ketiga.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai macam alat yang termasuk tuas jenis ketiga dan perbedaan antara tuas jenis pertama, tuas jenis kedua, dan tuas jenis ketiga.
Pertemuan Ke-46
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian bidang miring.
Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 111 untuk membuktikan bahwa bidang miring dapat mempermudah pekerjaan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan bidang miring dalam kehidupan sehari-hari.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan antara bidang miring dan baji.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian bidang miring dan kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan Ke-47
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian katrol.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan macam-macam katrol, yaitu katrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan katrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian katrol tetap, katrol bebas, dan katrol majemuk serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan Ke-48
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian roda sebagai pesawat sederhana.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan roda sebagai pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan penggunaan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 107–118, terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
• Charta penggunaan berbagai macam pesawat sederhana
• Alat-alat tulis











VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan tugas pada halaman 111, 113, dan 114.
8 Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 116–118.

mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas





( MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014













































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN. SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 49–53
Alokasi Waktu : 10 jam pelajaran (5 × pertemuan)
Standar Kompetensi : 6. Menerapkan sifat-sifat cahaya melalui kegiatan membuat
suatu karya/model
Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya
6.2 Membuat suatu karya/model, misalnya periskop atau
lensa dari bahan sederhana dengan menerapkan sifatsifat
cahaya
Indikator : 1. Mendemonstrasikan sifat cahaya yang mengenai berbagai
benda (bening, berwarna, dan gelap)
2. Mendeskripsikan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cembung atau cekung)
3. Menunjukkan peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan sehari-hari melalui percobaan
4. Menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri atas berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna
5. Memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan sehari-hari
6. Menentukan model yang akan dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya periskop atau lensa sederhana
7. Memilih dan menentukan berbagai alat dan bahan yang sesuai
8. Menggunakan benda atau bahan yang sesuai
9. Membuat karya atau model yang sesuai dengan rancangan
10. Menguji cara kerja model yang dibuat
11. Memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya atau model yang terbaik
12. Menerapkan prinsip keselamatan kerja
13. Membuat pelangi melalui percobaan sederhana
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. memperagakan sifat cahaya yang mengenai berbagai benda (bening, berwarna, dan gelap);
2. menggambarkan sifat-sifat cahaya yang mengenai cermin datar dan cermin lengkung (cekung atau cembung);
3. menunjukkan contoh peristiwa pembiasan cahaya dalam kehidupan seharihari;
4. menunjukkan bukti bahwa cahaya putih terdiri atas berbagai warna, misalnya dengan menggunakan cakram warna;
5. memberikan contoh peristiwa penguraian cahaya dalam kehidupan seharihari;
6. membuat pelangi melalui percobaan sederhana;
7. menentukan model yang dibuat dengan menerapkan sifat-sifat cahaya, misalnya periskop dan lensa sederhana;
8. memilih dan menentukan berbagai alat atau bahan yang sesuai;
9. menggunakan bahan atau alat yang sesuai;
10. membuat karya atau model yang sesuai dengan rancangan;
11. menguji cara kerja model yang dibuat;
12. memodifikasi hasil rancangan untuk menghasilkan karya atau model yang terbaik;
13. menerapkan prinsip keselamatan.
II. Materi Pembelajaran
Cahaya dan sifat-sifatnya
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-49
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya cahaya bagi kehidupan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sifat-sifat cahaya.
Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 121 untuk membuktikan bahwa cahaya merambat lurus.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kejadian sehari-hari yang menunjukkanbahwa cahaya merambat lurus.
3. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 122 untukmengamati perambatan cahaya pada berbagai benda.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kejadian sehari-hari yang menunjukkan bahwa cahaya menembus benda bening.
5. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian benda bening, benda tembus cahaya, dan benda gelap.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan sifat-sifat cahaya, antara lain merambat lurus dan dapat menembus benda bening.
Pertemuan Ke-50
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pemantulan dan pembiasancahaya.
Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 124 untuk memahami sifat cahaya dapat dipantulkan.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian pemantulan teratur dan pemantulan baur.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat pemantulan teratur dan pemantulan baur dalam kehidupan sehari-hari.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan benda yang dapat memantulkan cahaya secara teratur, yaitu cermin.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan antara cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
6. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 125 untukmengetahui pamantulan pada cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung.
7. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan cermin datar, cermin cekung, dan cermin cembung dalam kehidupan sehari-hari.
8. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian pembiasan cahaya.
9. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 125 untuk membuktikan adanya pembiasan cahaya.
10. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sifat-sifat pembiasan cahaya.
11. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kejadian sehari-hari yang menunjukkan adanya pembiasan cahaya.
12. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat-alat yang bekerjanya berdasarkan pembiasan cahaya.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian pemantulan teratur, pemantulan baur, serta pembiasan cahaya dan kejadian-kejadian yang menunjukkan pembiasan cahaya.
Pertemuan Ke-51
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian cahaya polikromatis dan cahaya monokromatis.
Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 127 untuk membuat warna putih dari cahaya pelangi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan warna penyusun warna putih, yaitu warna pelangi.
3. Guru menyediakan charta gambar pelangi.
4. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 127–128 untuk memahami proses terjadinya pelangi.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan syarat terbentuknya pelangi.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian cahaya polikromatis, cahaya monokromatis, penggabungan beberapa cahaya membentuk cahaya
putih, dan proses terjadinya pelangi.
Pertemuan Ke-52
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai alat yang dibuat berdasarkan sifat-sifat cahaya.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan prinsip kerja periskop.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan periskop.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat dan bahan yang diperlukan untuk membuat periskop.
3. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 129 untuk membuat periskop sederhana.

Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan cara kerja periskop dan kegunaannya.
Pertemuan Ke-53
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuansebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menjelaskan hubungan antara cahaya danpenglihatan.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menjelaskan pengertian alat optik, yaitu ala-talat yang dibuat dengan memanfaatkan sifat cahaya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan alat optik yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, antara lain kacamata, lup, mikroskop, dan kamera.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan dari kacamata, lup, mikroskop, dan kamera.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan hubungan antara cahaya danpenglihatan serta cara kerja alat-alat optik.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 119–134, terbitan PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
• Lensa cembung
• Cermin datar
• Kardus bekas
• Pipet tetes
• Kertas tipis
• Selotip
• Air
• Charta periskop
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh
lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan tugas pada halaman 125, 126, 128, dan 131.
• Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 133–134.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014












Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN. SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 54–56
Alokasi Waktu : 6 jam pelajaran (3 × pertemuan)
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya
dengan penggunaan sumber daya alam
Kompetensi Dasar : 7.1 Mendeskripsikan proses pembentukan tanah karena pelapukan
7.2 Mendeskripsikan jenis-jenis tanah
Indikator : 1. Menggolongkan batuan berdasarkan warna, kekerasan, permukaan (kasar dan halus)
2. Menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan
3. Mengidentifikasi komposisi dan jenis-jenis tanah,
misalnya berpasir, tanah liat, dan humus
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. menggolongkan batuan berdasarkan warna, kekerasan, dan permukaan (kasar dan halus);
2. menjelaskan proses pembentukan tanah karena pelapukan;
3. mengenal komposisi dan jenis tanah, misalnya berpasir, tanah liat, dan humus.
II. Materi Pembelajaran
Pembentukan tanah
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-54
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai macam batuan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pembentukan tanah.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan antara batuan beku, batuan endapan, dan batuan malihan.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan perbedaan antara pelapukan fisika, pelapukan kimia, dan pelapukan biologi.
3. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 139 untuk mengetahui pelapukan fisika.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pelapukan fisika yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pelapukan kimia yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
6. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pelapukan biologi yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan proses pelapukan batuan dan pembentukan tanah.
Pertemuan Ke-55
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menyediakan berbagai jenis tanah.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai jenis tanah.
2. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 139 untuk mengetahui bagian-bagian tanah.
3. Dengan dipandu guru, siswa menjelaskan pengertian tanah humus, tanah liat, tanah endapan, tanah vulkanis, dan tanah laterit.
4. Dengan dibimbing guru, siswa melakukan kegiatan pada halaman 141 untuk mengetahui lapisan tanah yang mudah dan sulit menyerap air.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan lapisan-lapisan penyusun tanah.



Pertemuan Ke-56
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya usaha untuk melestarikan tanah.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyebab kerusakan tanah.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan usaha untuk menjaga kesuburan tanah.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan usaha untuk mencegah pengikisan tanah.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya melakukan usaha untuk melestarikan tanah.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 135–146, terbitan PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri
• Kayu bakar
• Batu
• Gelas plastik
• Berbagai jenis tanah
• Charta berbagai jenis batuan
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh
lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan tugas pada halaman 137–138, 141, dan 143.
• Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 145–146.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014



























Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 57–60
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 × pertemuan)
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya dengan penggunaan sumber daya alam
Kompetensi Dasar : 7.3 Mendeskripsikan struktur bumi dan matahari
Indikator : 1. Menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar, dan kerak)
2. Menjelaskan bahwa sebagian besar matahari terdiri atas gas
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. menggambarkan secara sederhana lapisan-lapisan bumi (lapisan inti, lapisan luar, dan kerak);
2. menjelaskan bahwa matahari terdiri atas sebagian besar gas panas.
II. Materi Pembelajaran
Struktur bumi dan matahari
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, dan demonstrasi
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-57
1. Guru menyediakan charta lapisan bumi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan lapisan-lapisan bumi.
Kegiatan Inti
1. Dengan dibimbing guru, siswa menggambar secara sederhana lapisan-lapisan bumi.
2. Dengan dibimbing guru, siswa mewarnai gambar lapisan-lapisan bumi agar menjadi menarik.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menyebutkan lapisan-lapisan bumi.
Pertemuan Ke-58
1. Guru mengingatkan materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan lapisan-lapisan bumi.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan keadaan lapisan kerak bumi.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan keadaan mantel bumi.
3. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan keadaan inti bumi.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan keadaan lapisan-lapisan bumi.
Pertemuan Ke-59
Kegiatan Awal
1. Guru menyediakan charta lapisan matahari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan keadaan matahari.
Kegiatan Inti
1. Guru mengevaluasi jawaban yang disampaikan siswa. Kemudian, guru menjelaskan struktur matahari.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penyusun tiap lapisan matahari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan struktur matahari.
Pertemuan Ke-60
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menyediakan charta lapisan matahari.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan lapisan-lapisan matahari, antara lain inti, fotosfer, kromosfer, dan korona.
2. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan lapisan-lapisan matahari.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan keadaan tiap lapisan matahari.


V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 147–152, terbitan PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri
• Charta lapisan bumi
• Charta lapisan matahari
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh
lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan tugas pada halaman 150.
• Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 152.

Mengetahui, Sukoharjo,..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014









































Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN. SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 61–64
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 × pertemuan)
Standar Kompetensi : 7. Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya
dengan penggunaan sumber daya alam
Kompetensi Dasar : 7.4 Mendeskripsikan proses daur air dan kegiatan manusia
yang dapat mempengaruhinya
7.5 Mendeskripsikan perlunya penghematan air
7.6 Mengidentifikasi peristiwa alam yang terjadi di Indonesia dan dampaknya bagi makhluk hidup
danlingkungan
Indikator : 1. Menjelaskan pentingnya air
2. Menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar
3. Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air
4. Melakukan pembiasaan menghemat air
5. Membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan
dan pengalaman pribadi atau laporan surat kabar atau media lainnya tentang peristiwa alam
6. Menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan, dan lingkungan
7. Memberi saran atau usulan cara mencegah banjir
I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. menjelaskan pentingnya air;
2. menggambarkan proses daur air dengan menggunakan diagram atau gambar;
3. mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi daur air;
4. melakukan pembiasaan menghemat air;
5. membuat suatu laporan berdasarkan hasil pengamatan dan pengalaman
pribadi atau laporan surat kabar atau media lainya tentang peristiwa alam;
6. menjelaskan dampak dari peristiwa alam terhadap kehidupan manusia, hewan, dan lingkungan;
7. memberi saran atau usulan cara mencegah banjir.
II. Materi Pembelajaran
Daur air dan peristiwa alam
III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, demonstrasi, dan kegiatan laboratorium
IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-61
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan jumlah air yang ada di muka bumi.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan hubungan antara air dan kehidupan makhluk hidup.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan air bagi manusia.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegunaan air bagi hewan dan tumbuhan.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan kegunaan air bagi manusia, hewan, dan tumbuhan.
Pertemuan Ke-62
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menyediakan charta daur air.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa yang terjadi dalam daur air.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan manfaat daur air bagi kehidupan di muka bumi.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan daur air dan manfaatnya bagi kehidupan di muka bumi.
Pertemuan Ke-63
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan kegiatan manusia yang mempengaruhi daur air.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh pencemaran terhadap daur air.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh penggundulan hutan terhadap daur air.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pengaruh pemborosan air terhadap daur air.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya menghemat air.
5. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan cara menghemat air.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan tindakan manusia yang mempengaruhi daur air dan pentingnya menghemat air.
Pertemuan Ke-64
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menyediakan charta peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan tindakan yang harus dilakukan berkenaan dengan peristiwa alam.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai peristiwa alam yang terjadi di Indonesia.
V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 153–164, terbitan PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri
• Charta daur air
• Charta kegunaan air
• Charta peristiwa alam yang terjadi di Indonesia
• Alat-alat tulis
VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh
lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan tugas pada halaman 157, 158, 160, dan 162.
• Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 163–164.

Mengetahui, Sukoharjo, ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014






















Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah : SDN. SUKOHARJO
Mata Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : V/2
Pertemuan Ke- : 65–68
Alokasi Waktu : 8 jam pelajaran (4 × pertemuan)

Standar Kompetensi : 7 Memahami perubahan yang terjadi di alam dan hubungannya
dengan penggunaan sumber daya alam

Kompetensi Dasar : 7.7 Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang dapat
mengubah permukaan bumi

Indikator :
1. Mengidentifikasi beberapa jenis sumber daya alamyang digunakan di Indonesia, misalnya mineral, air,tumbuhan, hewan, dan sinar matahari
2. Membedakan antara sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui
3. Mendeskripsikan beberapa cara penggunaan sumber daya alam yang digunakan di Indonesia, misalnya mineral, air, tumbuhan, dan hewan
4. Mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya pertanian, jalan, perkotaan, bendungan, dan bahan bangunan

I. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari bab ini, diharapkan siswa mampu
1. mengidentifikasi beberapa jenis sumber daya alam yang digunakan di Indonesia, misalnya mineral, air, tumbuhan, hewan, dan sinar matahari;
2. membedakan antara sumber daya alam yang dapat diperbarui dan yang tidak dapat diperbarui;
3. mendeskripsikan beberapa cara penggunaan sumber daya alam yang digunakan di Indonesia, misalnya mineral, air, tumbuhan, dan hewan;
4. mengidentifikasi beberapa kegiatan manusia yang mengubah permukaan bumi untuk memenuhi kebutuhannya, misalnya pertanian, jalan, perkotaan, bendungan, dan bahan bangunan;

II. Materi Pembelajaran
Sumber daya alam

III. Metode Pembelajaran
Informasi, pemberian tugas, dan demonstrasi

IV. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pertemuan Ke-65
Kegiatan Awal
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan pengertian sumber daya alam.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber daya alam di lingkungan sekitar.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa mendeskripsikan perbedaan sumber daya alam yang dapat diperbarui dengan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber daya alam yang dapat diperbarui, antara lain tumbuhan, hewan, tanah, air, dan udara.
3. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan sumber daya alam yang dapat diperbarui.
4. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan pentingnya melestarikan sumber daya alam yang dapat diperbarui.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pengertian sumber daya alam yang dapat diperbarui dan pentingnya melestarikannya.

Pertemuan Ke-66
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan
sebelumnya.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan yang dapat dilakukan untuk menghemat penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan pentingnya menghemat penggunaan sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui.
Pertemuan Ke-67
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menyediakan charta penggunaan berbagai sumber daya alam.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan sumber daya alam yang dapat dilakukan secara langsung.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan penggunaan sumber daya alam yang dapat dilakukan secara tidak langsung.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan penggunaan sumber daya alam dalam kehidupan sehari-hari.

Pertemuan Ke-68
Kegiatan Awal
1. Guru mengingatkan kembali materi yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya.
2. Guru menyediakan charta berbagai macam kegiatan manusia.
Kegiatan Inti
1. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai macam kegiatan manusia.
2. Dengan dipandu guru, siswa menyebutkan berbagai macam kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi.
Kegiatan Akhir
Guru menyimpulkan dengan cara menjelaskan berbagai macam kegiatan manusia yang dapat mengubah permukaan bumi.

V. Alat/Bahan/Sumber Belajar
• Buku Akrab dengan Dunia IPA 5 halaman 165–173, terbitan PT Tiga
Serangkai Pustaka Mandiri
• Charta sumber daya alam
• Alat-alat tulis

VI. Penilaian
• Keaktifan dalam menjawab pertanyaan, sikap, dan tingkah laku. Contoh
lembar pengamatan terlampir.
• Mengerjakan tugas pada halaman 170 dan 171.
• Mengerjakan soal Evaluasi pada halaman 172–173.


Mengetahui, Sukoharjo ..............................
Kepala Sekolah Guru Kelas



(MARDIONO S.Pd) (AH BURHANUDIN A.Ma)
NIP19630616 198303 1 013 NIP19831117 201001 1 014







Lembar Pengamatan

Lembar Pengamatan Keaktifan Tanya Jawab, Demonstrasi, dan Diskusi

NO NAMA SISWA SANGAT AKTIF AKTIF CUKUP KURANG AKTIF TIDAK AKTIF






Keterangan
Sangat aktif nilainya 5
Aktif nilainya 4
Cukup nilainya 3
Kurang aktif nilainya 2
Tidak aktif nilainya 1





Lembar Pengamatan Sikap dan Minat Siswa

NO NAMA SISWA SANGAT AKTIF AKTIF CUKUP KURANG AKTIF TIDAK AKTIF







Keterangan
Sangat aktif nilainya 5
Aktif nilainya 4
Cukup nilainya 3
Kurang aktif nilainya 2
Tidak aktif nilainya 1



















Kunci Soal Uji Pemahaman dan Evaluasi
Bab 1
Uji Pemahaman Halaman 8
1. a. Berung bernapas dengan paruparu
ketika tidak terbang dan
bernapas dengan pundi-pundi
udara ketika terbang.
b. Katak bernapas dengan paruparu
dan kulit
c. Belalang bernapas dengan sistem
trakea
d. Ikan bernapas dengan insang
e. Kucing bernapas dengan paruparu
f. Kura-kura bernapas dengan paru-
paru
2. Alat pernapasan manusia terdiri
atas hidung, tenggorokan, dan paruparu.
3. pernapasan perut adalah proses pernapasan
yang terjadi karena kerja otot
diafragma. Pernapasan dada proses
pernapasan yang terjadi karena kerja
otot antartulang rusuk.
Uji Pemahaman Halaman 10
1. Pencemaran udara, merokok, dan
virus.
2. Influenza dan TBC
3. Tidak merokok dan menjaga kebersihan
lingkungan
Evaluasi
A. 1. c 6. c
2. a 7. d
3. d 8. a
4. c 9. b
5. a 10. c
B. 1. Ikan
2. Insang
3. Paru-paru
4. Pundi-pundi udara
5. Paru-paru
C. 1. Berudu bernapas dengan insang,
katak bernapas paru-paru
dan kulit.
2. Menghisap udara yang banyak
mengandung oksigen dan mengeluarkan
udara yang banyak
mengandung karbon dioksida
melalui organ pernapasan.
3. Influenza, bronkitis, dan TBC
4. Alat pernapasan pada saat terbang
5. Tidak merokok dan menjaga
kebersihan lingkungan.
Bab 2
Uji Pemahaman Halaman 18
1. Rongga mulut, kerongkongan, lambung,
usus halus, usus besar, dan
anus
2. Makanan dihaluskan oleh gigi dan
diubah menjadi zat yang lebih sederhana
oleh ludah
3. Pencernaan mekanis terjadi di dalam
rongga mulut
4. Pencernaan kimiawi terjadi di rongga
mulut, lambung, dan usus
5. Gerakan meremas dan mendorong
6. Makanan diremas dan dicampur
dengan getah lambung sehingga
berubah menjadi bubur
7. Usus halus
80 RPP Dunia IPA SD 5 R1
Uji Pemahaman Halaman 20
1. Mag, diare, dan usus buntu
2. Makan secara teratur dan menjaga
kebersihan makanan
3. Penderita diberi minum garam
oralit
4. alat pencernaan dapat bekerja secara
teratur
Uji Pemahaman Halaman 25
1. Makanan yang mengandung semua
zat makanan yang diperlukan tubuh
2. sebagai sember tenaga, mengatur
proses di dalam tubuh, dan mengganti
bagian tubuh yang rusak
3. a. Protein hewani adalah protein
yang berasal dari hewan
b. Protein nabati adalah protein
yang berasal dari tumbuhan
c. Lemak hewani adalah Lemak
yang berasal dari hewan
d. Lemak nabati adalah Lemak
yang berasal dari tumbuhan
4. Vitamin A, B, C, D, E, dan K
5. Besi, kalsium, iodiom, dan fosforus
6. Mengedarkan sari-sari makanan
ke seluruh tubuh, pelarut sari-sari
makanan sehingga dapat diserap
oleh pembuluh darah, dan menjaga
suhu tubuh agar tetap konstan.
Uji Pemahaman Halaman 27
1. Makanan bergizi seimbang adalah
makanan yang memiliki komposisi
seimbang baik dari segi nilai gizi
maupun jumlahnya untuk memenuhi
syarat makanan sehat.
2. Orang yang kekurangan gizi akan
kurus dan mudah sakit, sedangkan
orang yang kelebih gizi akan menderita
kegemukan dan mudah sakit.
3. Pengolahan makanan harus dapat
tetap mempertahankan nilai gizinya.
Evaluasi
A. 1. d 6. a 11. c
2. a 7. a 12. a
3. b 8. b 13. c
4. c 9. b 14. d
5. a 10. b 15. b
B. 1. Kerongkongan
2. Membunuh kuman yang ikut
terbawa makanan
3. Mag
4. Rongga mulut
5. Enzim ptialin
6. Karbohidrat
7. Protein hewani
8. Rabun senja
9. Gondok
10. Anemia
C. 1. Karbohidrat, protein, dan lemak
2. Makanan yang terdiri atas makanan
pokok, lauk, sayur, buah,
dan susu
3. Kalsium, besi, dan iodium
4. Makanan yang dapat mencukupi
kebutuhan tubuh
5. Vitamin A, B, C, D, E, dan K
6. Organ tubuh yang mencerna
makanan sehingga sari-sarinya
dapat diserap oleh tubuh
7. Gerak meremas dan mendorong
RPP Dunia IPA SD 5 R1 81
8. Mag, diare, dan tipus
9. Bersih dan tidak dihinggapi lalat
10. Makan makanan bergizi, makan
secara teratur, dan menjaga
kebersihan makanan
Bab 4
Uji Pemahaman Halaman 36
1. Jantung dan pembuluh darah
2. Jantung memompa darah ke seluruh
tubuh
3. Pembuluh nadi adalah pembuluh
darah yang meninggalkan jantung,
sedangkan pembuluh balik adalah
pembuluh darah yang menuju jantung
4. Peredaran darah manusia terjadi
melalui pembuluh darah sehingga
disebut peredaran darah tertutup.
Uji Pemahaman Halaman 38
1. Tekanan darah tinggi, tekanan darah
rendah, dan kanker darah
2. Tekanan darah tinggi
3. Olahraga secara teratur
Evaluasi
A. 1. c 6. b
2. d 7. b
3. b 8. b
4. b 9. b
5. b 10. a
B. 1. Pembuluh nadi
2. Eritrosit
3. Leumikia
4. Pembuluh vena
5. Satu genggaman tangan
C. 1. Serambi kanan, serambi kiri,
bilik kanan, dan bilik kiri
2. Perbedaan antara Pembuluh
nadi dan pembuluh vena adalah
sebagai berikut.
Tabel Perbedaan Pembuluh
Nadi dengan Pembuluh Balik
Pembuluh Nadi
(Arteri)
Pembuluh Balik
(Vena)
• Dindingnya tebal
dan elastis
• Dindingnya tipis
dan kurang elastis
• Memiliki satu
katup yang terletak
di pangkal arteri
• Memiliki banyak
katup yang terletak
di sepanjang vena
• Terletak di bagian
dalam tubuh
• Terletak di dekat
permukaan tubuh
• Tekanannya kuat
sehingga denyutnya
terasa
• Tekanannya lemah
sehingga denyutnya
tidak terasa
• Membawa darah
yang kaya oksigen
• Membawa darah
yang kaya karbon
dioksida
• Jika terluka, darah
memancar
• Jika terluka, darah
menetes
3. Tekanan darah tinggi, tekanan
darah rendah, kanker darah,
dan hemofilia
4. Jantung melakukan konstraksi
dan relaksasi
5. Darah bersih adalah darah yang
banyak mengandung oksigen,
sedangkan darah kotor adalah
darah yang banyak mengandung
karbon dioksida.
Bab 5
Uji Pemahaman Halaman 46
1. Air, zat hara, karbon dioksida, sinar
matahari, dan klorofil
2. Tumbuhan hijau memiliki klorofil
82 RPP Dunia IPA SD 5 R1
3. Tumbuhan tidak dapat membuat
makanan
4. Hasil fotosistesis tumbuhan hijau
yang tidak digunakan oleh
tumbuhan
5. Cadangan makanan ada yang
disumpan di akar, batang, buah
bergantung pada jenis tumbuhannya
Uji Pemahaman Halaman 49
1. bagian tumbuhan yang digunakan
manusia dan hewan untuk memperoleh
makanan adalah cadangan
manakan dari tumbuhan tersebut.
2. Manusia dan hewan tidak mampu
membuat makanan sendiri
3. Tidak akan ada kehidpan
Evaluasi
A. 1. a 6. b
2. b 7. b
3. b 8. b
4. c 9. c
5. a 10. a
B. 1. Klorofil
2. Cahaya matahari
3. yang tidak digunakan oleh tumbuhan
4. Daun
5. Batang
C. 1. Pada siang hari ada cahaya matahari
2. Karbon dioksida dan air
3. Cadangan makanan digunakan
untuk pertumbuhan, perkembangbiakan,
dan kelangsungan
hidup tumbuhan.
4. Cadangan makanan disimpan
di
a. Umbi: singkong, kentang,
dan wortel
b. batang: tebu dan sagu
c. daun: bayam dan kangkung
d. buah: mangga dan jeruk
e. biji: padi dan jagung
5. Tidak ada kehidupan di dunia
Bab 6
Uji Pemahaman Halaman 73
1. a. Sifat wol mudah menyerap air,
elastis, dan berukuran pendek
Sifat kapas mudah menyerap
air, halus, tidak berkilau, dan
lebih kuat daripada wol
Sifat senar kuat, kedap air, dan
tidak mudah mengerut
Sifat nilon tidak mudah mengerut
atau meregang
2. Tali plastik tidak dapat digunakan
untuk dawai gitar karena
tidak lentur
3. Bahan kapas dapat menyerap
keringat.
Evaluasi
A. 1. d 6. a
2. a 7. a
3. a 8. c
4. a 9. d
5. d 10. d
B. 1. Serat yang ada di alam
2. Serat yang sengaja dibuat manusia
3. Bulu domba
4. Pohon kapas
5. Baja
C. 1. Nilon tidak mudah mengerut
atau meregang.
RPP Dunia IPA SD 5 R1 83
2. Senar bersifat kuat, kedap air,
dan tidak mudah mengerut.
3. Pakaian yang dibuat dari wol
sangat sesuai dipakai pada saat
cuaca dingin
4. Pakaian yang dibuat dari serat
kapas mudah menyerap keringat.
Pakaian yang dibuat dari
kapas nyaman dipakai pada
cuaca panas.
5. Dawai gitar, dwai biola, dan
tali pancing
Bab 7
Evaluasi
A 1. b 6. d
2. b 7. d
3. c 8. b
4. b 9. c
5. c 10. c
B. 1. Uap air
2. Asap dan abu
3. Perubahan sementara
4. Perubahan permanen
5. Arang dan uap air
C. 1. Buah akan busuk
2. Es mencair dan uap air mengembun
3. Perubahan yang dapat balik
4. Buah busuk mengalami perubahan
permanen dan mengandung
racun
5. Perubahan yang tidak dapat balik
Bab 8
Uji Pemahaman Halaman 100
1. a. Magnet alam adalah magnet
yang ada secara alami
b. magnet buatan adalah magnet
yang sengaja dibuat manusia
c. Benda magnetis adalah benda
yang ditarik oleh magnet
d. Benda tidak magnetis adalah
benda yang tidak ditarik oleh
megnet
e. Gaya magnet adalah kemampuan
magnet untuk menarik
benda magnetis yang ada di
sekitarnya
f. Kutub magnet adalah bagian
magnet yang memiliki kekuatan
paling besar yang terletak di
ujung-ujung magnet.
2. Magnet dapat dibuat dengan cara
gosokan, induksi, dan elektromagnet
Uji Pemahaman Halaman 104
1. Ada gaya gravitasi bumi
2. Semua benda yang ada di permukaan
bumi akana melayang-layang
3. Gaya gesekan diperbesar dengan
cara memperluas bidang yang bersentuhan
dan membuat lebih kasar
permukaan yang bersentuhan. Gaya
gesekan dapat diperkecil dengan
cara memperkecil permukaan dan
memperhalus permukaan yang bersentuhan
4. Gaya gesekan bermanfaat pada ban
mobil supaya mobil mudah dikendalikan.
Gaya gesekan harus dikurangi
pada mesin mobil supaya tidak cepat
aus.
Evaluasi
A. 1. c 6. a
2. a 7. d
3. b 8. d
4. b 9. a
5. d 10. b
84 RPP Dunia IPA SD 5 R1
B. 1. Permanen
2. Kecil
3. Benda magnetis
4. Jarum
5. Memperbesar gaya gesekan
C. 1. Gosokan, induksi, dan elektromagnetik
2. Buah ditarik oleh gaya gravitasi
bumi
3. Magnet digunakan untuk membuat
kompas dan dinamo sepeda
4. Gaya gesekan diperbesar dengan
cara memperkasar permukaan
yang bersentuhan dan
diperkecil dengan cara memperkecil
permukaan yang bersentuhan
5. Astronaut tidak terpengaruh
oleh gaya gravitasi
Bab 10
Uji Pemahaman Halaman 128
1. a. Cahaya akan diteruskan
b. Cahaya akan diteruskan sebagian
c. Cahaya tidak diteruskan
2. a. Pada cermin datar, bayangan
sama dengan benda. Bayanganmu
b. Pada cermin cekung, bayang
terbalik
c. Pada cermin cembung, bayangan
lebih besar.
3. Cahaya matahari diuraikan oleh
titik-titik air di udara
Uji Pemahaman Halaman 131
1. Alat yang dapat membantu penglihatan
2. Memantulkan cahaya sehingga
bayang benda dapat ditangkap oleh
mata
3 a. Kacamata berguna untuk menolong
orang yang cacat mata
b. Lup berguna untuk melihat
benda yang berukuran kecil sehingga
tampak lebih besar
c. Kamera berguna untuk mengabadikan
suatu objek ke dalam
sebuah film
d. Mikroskop berguna untuk melihat
benda yang berukuran
sangat kecil, biasa digunakan
di laboratorium
Evaluasi
A. 1. b 6. b
2. b 7. d
3. b 8. c
4. c 9. c
5. b 10. c
B. 1. Bening
2. Cembung
3. Teratur
4. Baur
5. Periskop
C. 1. Pemantulan yang arahnya cahaya
pantulnya tidak teratur
2. Cahaya matahari diuraikan
oleh titik-titik air di udara
3. Cahaya dapat dipantulkan, dapat
dibiaskan, dan dapat melalui
benda bening
4. Pembiasan cahaya terjadi jika
dalam perambatannya cahaya
melalui dua medium yang memiliki
kerapatan optis berbeda
5. Lup untuk melihat benda kecil,
kacamata berguna untuk meRPP
Dunia IPA SD 5 R1 85
nolong orang yang cacat mata,
dan teleskop untuk melihat
bintang-bintang di langit
Bab 11
Uji Kecerdasan Halaman 141
1. a. Batuan beku adalah batuan
yang terbentuk dari magma
yang membeku
b. Batuan sedimen adalah batuan
yang berasal dari endapan hasil
pelapukan batuan
c. Batuan malihan adalah batuan
yang telah malih
2. Pelapukan terjadi karena perbedaan
suhu antara siang dan malam.
3 a. Tanah humus adalah tanah yang
terbentuk dari sisa hewan dan
tumbuhan yang telah hancur.
b. Tanah liat adalah tanah yang
terdiri atas butiran-butiran liat
yang halus.
c. Tanah endapan adalah tanah
yang terbentuk dari endapan
lumpur yang terbawa oleh air
hujan.
d. Tanah vulkanis adalah tanah
yang terbentuk dari abu gunung
berapi yang sudah lapuk.
e. Tanah laterit adalah tanah lapisan
bawah.
Uji Pemahaman Halaman 143
1. Tanah merupakan tempat tumbuhnya
tanaman
2. Pemupukan dan mencegah erosi
tanah
3. Erosi dapat menghilangkan kesuburan
tanah
4. Membuat sengkedan pada lahan
miring dan reboisasi
Evaluasi
A. 1. b 6. a
2. a 7. c
3. b 8. d
4. c 9. d
5. c 10. a
B. 1. Batuan
2. Humus
3. Erosi
4. Pelapukan
5. Tanah vulkanis
C. 1. Batuan beku, batuan endapan,
dan batuan malihan
2. Batuan mengalami pelapukan
sehingga terbentuk tanah
3. Pemupukan, membuat sengkedan,
dan reboisasi
4. Tanah humus, tanah liat, dan
tanah vulkanis
5. Membuat sengkedan dan reboisasi
Bab 12
Uji Pemahaman Halaman 150
1. Atmosfer
Kerak bumi
Mantel bumi
Inti dalam
Inti luar
2. a. Fotosfer adalah permukaan matahari
yang menyilaukan.
b. Kromosfer adalah lapisan gas
yang mengelilingi matahari.
c. Inti matahari adalah lapisan
matahari yang paling panas.
d. Korona adalah sinar yang mengelilingi
matahari
e. Atmosfer matahari adalah bagian
luar matahari.
86 RPP Dunia IPA SD 5 R1
f. Bintik matahari adalah bercakbercak
suram pada permukaan
matahari
Evaluasi
A. 1. c 6. b
2. b 7. a
3. b 8. c
4. d 9. a
5. b 10. b
B. 1. Kerak bumi
2. Inti dalam
3. Kerak bumi
4. Inti matahari
5. Korona
C. 1. Inti dalam, inti luar, mantel
bumi, dan kerak bumi
2. Lapisan inti luar berupa lapisan
cair. Diperkirakan lapisan inti
luar terdiri atas besi cair. Lapisan
inti dalam merupakan
pusat bumi. Lapisan inti dalam
memiliki suhu sekitar 4.500
oC. Diperkirakan lapisan inti
bumi terdiri atas besi dan nikel
padat.
3. Lapisan-lapisan penyusun matahari
adalah inti, fotosfer, kromosfer,
dan korona
4. Melindungi bumi dari benda
angkasa dan menyediakan
udara
untuk kehidupan muka
bumi
5. Sebagai sumber energi di bumi
Bab 13
Uji Pemahaman Halaman 158
1. Air untuk minum, memasak, dan
membersihkan kotoran
2. Proses daur air dijelaskan sebagai
berikut.
Pada musim hujan, banyak turun
hujan. Sebagian air hujan yang jatuh
masuk ke aliran sungai dan sebagian
yang lain meresap ke dalam tanah.
Air yang mengalir di sungai akhirnya
bermuara di laut. Air hujan yang
meresap ke dalam tanah disebut
air tanah. Air tanah akhirnya juga
bermuara di laut. Air akan menguap
jika dipanaskan. Adanya panas dari
matahari menyebabkan air di muka
bumi menguap. Uap air naik ke atas
menjadi awan. Karena suhu udara
makin ke atas makin dingin, awan
yang mengandung uap air tersebut
mengalami pengembunan membentuk
titik-titik air. Titik-titik air
tersebut makin lama makin banyak.
Akhirnya, suatu saat titik-titik air
tersebut jatuh sebagai air hujan. Air
hujan yang jatuh di permukaan bumi
akan mengalir ke penampungan air
yang ada di muka bumi. Air kemudian
menguap lagi karena panas dari
matahari. Perubahan tersebut terjadi
terus-menerus dalam suatu daur yang
disebut daur air (siklus air).
RPP Dunia IPA SD 5 R1 87
3. Penebangan hutan dan membuat
bangunan
Evaluasi
A 1. c 6. a
2. a 7. c
3. c 8. b
4. b 9. b
5. b 10. d
B. 1. Dingin
2. Mati
3. Hemat air
4. Mengairi sawah
5. Banjir
C. 1. Air untuk minum, memasak,
dan mencuci
2. Perputaran air dari hujan jatuh
ke laut, menguap menjadi
awan, dan jatuh menjadi hujan
kembali
3. Penebangan hutan dan membuat
bangunan
4. Jumlah air bersih terbatas
5. Banjir dan gempa bumi
Ban 14
Evaluasi
A. 1. c 6. d
2. a 7. d
3. a 8. a
4. c 9. d
5. d 10. b
B. 1. Tidak dapat diperbarui
2. Tembaga
3. Baja
4. Mineral
5. Pencemaran udara
C. 1. Hewan dan tumbuhan
2. Pemanfaatan sumber daya
alam akan mengubah permukaan
bumi. Misalnya tanah
yang semula digunakan untuk
bertani berubah fungsi menjadi
perumahan.
3. Usaha untuk menghemat pemanfaatan
sumber daya alam,
antara lain hemat penggunaan
air, menanam pohon, dan membersihkan
lingkungan.
4. Emas, perak, dan platina
5. Perumahan dapat menghilangkan
pertanian dan perkebunan
Latihan Ulangan Semester 2
A. 1. d 6. d 11. c
2. a 7. c 12. b
3. c 8. d 13. c
4. a 9. b 14. c
5. c 10. b 15. b
B. 1. Magnet
2. Gaya gesekan
3. Periskop
4. Kuasa
5. Cahaya melewati dua medium
yang memiliki kerapatan optis
berbeda
6. Putih
7. Proses terbentuknya
8. Daur air
9. Banjir
10. Dihemat
C. 1. Semua benda akan melayang
2. Roda
3. Cahaya diuraikan oleh titik air
di angkasa
4. Air laut menguap membentuk
awan dan jatuh menjadi hujan
5. Tanah untuk pertanian dan perumahan